Kompas.com - 20/05/2016, 18:33 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Minggu (22/5/2016) mendatang, peringatan Hari Raya Waisak terbesar se-Indonesia kembali digelar di Candi Borobudur. Paket wisata Waisak, termasuk menerbangkan lampion pun diincar banyak wisatawan. 

Paket wisata Waisak dibuat dengan beragam itinerary. Mulai dari 6 jam menonton prosesi sembahyang dan penerbangan lampion, sampai 2 hari 1 malam termasuk mengunjungi beberapa destinasi wisata di sekitar Candi Borobudur.

Beberapa hari sebelum hari H, paket wisata Waisak diincar banyak wisatawan. Sampai Jumat (20/5/2016), beberapa travel agent dan penyelenggara open trip mengatakan paket wisata tersebut sudah full booked.

"Paket wisata Waisak sudah full booked, kuotanya 50 orang," tutur Aan dari Indonesia Trip kepada KompasTravel, Jumat (20/5/2016).

Padahal, harga paket Waisak yang diadakan Indonesia Trip tak terbilang murah. Per orang harganya Rp 420.000, keberangkatan dari Bandara Adisucipto di Yogyakarta.

"Tripnya 2 hari 1 malam, termasuk mengunjungi Gereja Ayam dan Puthuk Setumbu. Intinya ini tipe trip untuk fotografi," terang Aan.

Lima puluh peserta trip itu tidak digabungkan dalam satu bus besar, melainkan dipisah jadi lima rombongan dengan mobil sebagai transportasinya. Harga tersebut sudah termasuk transportasi, tiket masuk Taman Wisata Candi Borobudur, dan makan dua kali. Aan menuturkan, paket Waisak selalu full booked tiap tahunnya.

"Tahun lalu ada 60 orang dan memang selalu penuh," tuturnya.

Operator tur lainnya yang menyediakan paket wisata Waisak adalah Tour Jogja Mas Jo. Ini juga merupakan salah satu operator tur yang menyediakan paket wisata AADC 2 di Yogyakarta.

"Untuk paket Waisak kita kuotanya sedikit, cuma lima orang. Tapi langsung full booked," tutur Murniadi Muchran dari Tour Jogja Mas Jo kepada KompasTravel

Tur ini hanya berlangsung satu hari, berangkat dari Yogyakarta pukul 16.00 WIB kemudian kembali lagi esok dini harinya. Saat pelepasan lampion dari pukul 20.30 WIB-10.30 WIB, tiap peserta juga akan mendapat lampion untuk diterbangkan.

Harga paket Waisak dari Tour Jogja Mas Jo adalah Rp 150.000 per orang, termasuk transportasi dan tiket masuk Taman Wisata Candi Borobudur.

"Begitu sampai lokasi, peserta langsung lihat prosesi dan menerbangkan lampion malam harinya. Tiap peserta dapat lampion," tutur Murniadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.