Kompas.com - 21/05/2016, 08:03 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Melihat perayaan Hari Raya Waisak di Candi Borobudur, Magelang, tak lengkap tanpa menyaksikan pelepasan ribuan lampion ke angkasa. Catat jadwalnya agar tak ketinggalan momen magis ini.

Pelepasan ribuan lampion ke udara menjadi salah satu momen yang paling dinanti wisatawan saat menonton prosesi upacara Waisak di Candi Borobudur. Tahun ini, akan ada 5.000 lampion yang dilepaskan ke udara.

"Tahun lalu pelepasan lampion kan digelar tengah malam. Tahun ini, digelar pukul 22.00 malam," tutur Kepala Unit PT TWC Borobudur, Chrisnamurti Adiningrum kepada KompasTravel, Jumat (20/5/2016). 

Perlu dicatat, pelepasan lampion Waisak tahun ini digelar pada Sabtu (21/5/2015). Peserta dan wisatawan diharapkan mengenakan pakaian sopan, atasan maupun bawahan. Perempuan tidak diperkenankan memakai pakaian ketat atau celana atau rok pendek.

Persiapan dilakukan mulai pukul 21.00 WIB. Pelepasan lampion akan berlangsung di lokasi Gunadharma.

"Lokasi ini berada di lapangan besar yang agak jauh dari area candi. Sehingga, area candi benar-benar steril," terang Chrisnamurti.

Pukul 23.00 WIB akan dilakukan persiapan menuju altar utama (zona 1) Candi Borobudur. Sebanyak 500 lampion akan diterbangkan dari altar utama oleh para Buddhis peserta upacara Waisak.

"Khusus yang ini, lampion dilepaskan oleh peserta alias umat yang melangsungkan upacara," tambah Chrisnamurti.

Dia menambahkan, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla akan hadir dalam prosesi seremonial Dharmasanti. Peserta Waisak tahun ini berkisar 15.000 orang dari Walubi.

Berikut susunan acara utama perayaan Waisak 2560 BE yang berlangsung pada Sabtu (21/5) mendatang:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.