Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa ke Ijen Lebih Baik Lewat Bondowoso?

Kompas.com - 21/05/2016, 12:06 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

BONDOWOSO, KOMPAS.com — Pegunungan Ijen di Jawa Timur berada di perbatasan dua kawasan kabupaten, yakni Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi. Karena itu, wisatawan memiliki dua pilihan jalur untuk mengunjungi pegunungan yang tersohor karena fotogenik ini, yakni via Bondowoso atau via Banyuwangi.

Kebanyakan wisatawan memilih jalur Banyuwangi karena faktor infrastruktur bandara serta akses jalan yang memadai. Namun, sebenarnya, ada banyak alasan bahwa melalui rute Bondowoso juga merupakan ide yang baik.

"Kalau menyebut akses kawah Ijen dengan cara tradisional, itu lewat Bondowoso. Akses Ijen ke Bayuwangi itu baru ada tahun 2000-an, belum lama. Dahulu, orang kalau mau ke Ijen ya lewat Bondowoso," ujar Bupati Bondowoso, Amin Said Husni, saat kunjungan media ke Bondowoso, Jumat (20/5/2016).

Amin tak menampik jika Bondowoso dan Banyuwangi berebut tamu wisatawan Ijen yang melalui rute wilayah masing-masing.

Meski begitu, Amin mengatakan, jika melewati Bondowoso, maka wisatawan akan mendapat pengalaman yang berbeda.

"Keuntungannya kalau lewat Bondowoso, wisatawan akan lebih banyak dapat destinasi wisata, seperti Kawah Wurung dan Padang Savana. Ada lagi agrowisata kopi, bisa santai minum kopi, sepedahan, down hill, produksi kopi luwak, produksi kopi. Ada pula pemandian air panas Blawan, air terjun, dan Bukit Megasari," katanya.

Sayangnya, Bondowoso sampai saat ini memang terkendala dalam hal infrastruktur. Kondisi jalan menuju tempat-tempat wisata masih belum begitu memadai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com