Kompas.com - 22/05/2016, 10:03 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F

MENYAKSIKAN matahari tenggelam di langit Belitung adalah kegiatan yang tak boleh terlewat saat berplesir ke pulau ini. Belitung memiliki banyak spot ciamik untuk menikmati detik-detik peralihan dari siang menuju malam.

Entah di tengah kota maupun yang jaraknya jauh, senja di Belitung selalu menyuguhkan pemandangan yang tak kan dilupakan para wisatawan. Pantai Tanjung Pendam, Pelabuhan Tanjung Binga dan Pantai Tanjung Tinggi adalah sebagian dari pilihan menikmati senja di tanah Belitung.

Desa Nelayan Tanjung Binga

Jembatan beton itu menjorok beberapa puluh meter ke laut menjadi spot favorit para wisatawan yang ingin menyaksikan terbenamnya matahari di perkampungan nelayan Tanjung Binga.

Jembatan atau lebih tepatnya dermaga beton itu memungkinkan kita untuk berjalan cukup jauh  ke tengah laut untuk menikmati senja. Perahu nelayan yang terparkir maupun hilir mudik menjadi foreground yang indah untuk diabadikan dalam bentuk foto bersama latar matahari yang terbenam.

Jika ingin pemandangan lain dari sekedar matahari yang terbenam, kita dapat langsung turun ke bibir pantai. Mengabadikan matahari terbenam dari balik tiang-tiang dermaga, baik dermaga beton yang berdiri kokoh maupun dermaga kayu yang dibangun oleh para nelayan di Tanjung Binga.

Tanjung Binga merupakan perkampungan nelayan yang cukup besar di Belitung. Uniknya nelayan di Tanjung Binga tak hanya berasal dari Belitung saja namun kebanyakan dari mereka justru berasal dari suku Bugis, suku yang dikenal sebagai asal para pelaut ulung.

Berbeda dari banyak pantai yang ada di Belitung, Tanjung Binga tak menawarkan begitu banyak keindahan yang kasat mata. Kegiatan para nelayan dan interaksi menjadi suguhan pemandangan yang tak kalah seru untuk diabadikan. Tempat ini juga menjadi tempat alternatif keberangkatan untuk menjelajah ke pulau lengkuas, batu berlayar dan lainnya.

Pantai Tanjung Tinggi

Merupakan pantai yang cukup terkenal di Belitung, terlebih saat keindahannya tertekam dan tersebar melalui film berjudul Laskar Pelangi. Tanjung tinggi tak hanya indah dilihat saat matahari sedang terang. Jika banyak memiliki waktu luang kita dapat menghabiskan waktu dan menikmati senja di tepi pantai setelah puas mengeksplorasi bebatuan granit berukuran raksasa yang banyak terdapat di sekitar Pantai Tanjung Tinggi.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.