Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Millenium Sport" Gerakkan Pariwisata Sulut

Kompas.com - 23/05/2016, 07:41 WIB

MANADO, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw optimistis "millenium sport" mampu menggerakkan pariwisata di provinsi berpenduduk lebih dari 2,4 juta jiwa ini.

"Karena itu, ke depan pemerintah provinsi akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Manado menggelar event ini (millenium sport). Kegiatan seperti ini tak hanya menonjolkan lomba tetapi juga aspek pariwisata," kata Kandouw di Manado, Minggu (22/5/2016).

Wagub Kandouw mengatakan "millenium sport" adalah parameter tempat pelaksanaan kegiatan yakni on the mountain (pegunungan), on the air (udara), dan on the water (air).

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menambahkan, wisata olahraga atau sport tourism sudah diagendakan Pemprov Sulut dan akan didukung APBD.

"Olahraga terjun payung, paralayang, dan paramotor, secara remi akan disampaikan kepada ketua DPRD agar mendapat dukungan dana dalam APBD," ujarnya.

Wagub memaparkan, baru-baru ini di Kota Manado menggelar kejuaraan terjun payung "Manado International Open Parachuting Championship" dan dipastikan menggerakkan industri pariwisata di daerah ini.

Alasannya, acara internasional seperti ini akan mendatangkan atlet mancanegara maupun domestik yang selain mengikuti lomba juga akan menikmati daerah pariwisata di daerah ini.

"Sektor pariwisata menjadi salah satu penggerak perkonomian di daerah ini," ujarnya.

Kejuaraan terjun payung internasional yang dilaksanakan 16-21 Mei 2016 diikuti sebanyak 87 atlet yang berasal dari Australia, India, Irak, Korsel, Malaysia dan tuan rumah Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com