Kompas.com - 23/05/2016, 07:41 WIB
Salah satu pantai di Manalu, Kabupaten Kepualaun Sangihe yang tenang dengan pasirnya yang khas. Kompas.com/Ronny Adolof BuolSalah satu pantai di Manalu, Kabupaten Kepualaun Sangihe yang tenang dengan pasirnya yang khas.
EditorI Made Asdhiana

MANADO, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw optimistis "millenium sport" mampu menggerakkan pariwisata di provinsi berpenduduk lebih dari 2,4 juta jiwa ini.

"Karena itu, ke depan pemerintah provinsi akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Manado menggelar event ini (millenium sport). Kegiatan seperti ini tak hanya menonjolkan lomba tetapi juga aspek pariwisata," kata Kandouw di Manado, Minggu (22/5/2016).

Wagub Kandouw mengatakan "millenium sport" adalah parameter tempat pelaksanaan kegiatan yakni on the mountain (pegunungan), on the air (udara), dan on the water (air).

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menambahkan, wisata olahraga atau sport tourism sudah diagendakan Pemprov Sulut dan akan didukung APBD.

"Olahraga terjun payung, paralayang, dan paramotor, secara remi akan disampaikan kepada ketua DPRD agar mendapat dukungan dana dalam APBD," ujarnya.

Wagub memaparkan, baru-baru ini di Kota Manado menggelar kejuaraan terjun payung "Manado International Open Parachuting Championship" dan dipastikan menggerakkan industri pariwisata di daerah ini.

Alasannya, acara internasional seperti ini akan mendatangkan atlet mancanegara maupun domestik yang selain mengikuti lomba juga akan menikmati daerah pariwisata di daerah ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sektor pariwisata menjadi salah satu penggerak perkonomian di daerah ini," ujarnya.

Kejuaraan terjun payung internasional yang dilaksanakan 16-21 Mei 2016 diikuti sebanyak 87 atlet yang berasal dari Australia, India, Irak, Korsel, Malaysia dan tuan rumah Indonesia.



Sumber ANTARA
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X