Kompas.com - 24/05/2016, 16:28 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com Netizen akhir-akhir ini dihebohkan dengan foto Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang sedang makan malam di warung sederhana yang berlokasi di Hanoi, Vietnam.

Foto yang diunggah oleh pembawa acara televisi kuliner ternama, Anthony Bourdain, tersebut memperlihatkan Obama tampak santai mengobrol bersama Bourdain sambil minum bir dan menyantap sajian Bun Cha.

Bourdain mengajak Obama untuk makan Bun Cha pasti bukan tanpa alasan. Sebab, si petualang makanan sejati ini telah berkeliling dunia, mencicipi masakan yang lezat dari sebuah negara.

Jadi, apa keistimewaan Bun Cha hingga Bourdain berani mentraktir orang nomor satu di AS tersebut makan di warung sederhana?

(Baca: Presiden Obama Ditraktir Makan Mi di Warung Sederhana Hanoi)

"Bun Cha intinya hanya bihun yang terbuat dari tepung beras disajikan dengan aneka ragam panggangan, bisa daging sapi, ayam, atau kalau di Vietnam daging babi," ujar Lea Joan, Director PT Anugrah Boga Sejahtera; Doan Vietnamese, restoran khas Vietnam yang memiliki cabang di Menteng Central, Pantai Indah Kapuk, Mal Kelapa Gading, Epicentrum Walk, Cilandak Town Square, Pondok Indah Mall I, dan South Quarter Cilandak.

Bun Cha menjadi istimewa karena campuran sayur-sayuran, rempah, serta saus khas Vietnam, yakni Nouc Mam. Saus itu berbasis kecap ikan yang merupakan kombinasi dari rasa manis, asin, dan sedikit asam.

"Jadi, bihun yang sudah direbus itu dicampur dengan sayur-sayuran dan daun-daunan yang biasanya daun mint dan coriander, diaduk rata bersama dengan sausnya atau bisa juga dicelup ke saus sebelum makan, sesuai selera," ujar Lea, Selasa (24/5/2016).

Untuk menemani Bun Cha, ada lumpia goreng khas Vietnam sehingga menambah nikmat tekstur makanan dari sajian rebus berkuah, daging panggang, dan gorengan yang garing.

Uniknya, ternyata kuah Bun Cha tidak memiliki suhu tinggi alias panas. Bun Cha adalah mi dingin, suhu kuahnya sesuai dengan suhu ruangan, berbeda dengan mi Vietnam lainnya, Pho, yang justru disantap dengan kuah panas.

Bun Cha juga memiliki keistimewaan lain, yakni filosofi yang terkandung di baliknya. "Menu ini sangat sehat karena termasuk dalam filosofi Buddhist (Buddha)-nya Vietnam tentang keseimbangan, baik dalam hal rasa, tekstur, dan kombinasi karbohidrat, protein, dan serat," kata Lea Joan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.