Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajang Indonesian Weekend, "Pindahkan" Indonesia ke London

Kompas.com - 24/05/2016, 18:41 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada akhir pekan nanti, tepatnya pada 28-29 Mei 2016, salah satu sudut kota London, Inggris akan bernuansa Indonesia.

Sebuah ajang bertajuk Indonesian Weekend, yang akan memamerkan potensi budaya, wisata, fashion dan kuliner Indonesia akan digelar di Potters Field.

Potters Field adalah sebuah taman seluas 6.200 meter persegi yang berlokasi tak jauh dari ikon wisata Inggris, Tower Bridge dan Tower of London.

Satu lagi, lokasi tempat ajang ini digelar juga berada di tepi Sungai Thames dan berdekatan dengan kantor wali kota Inggris.

Penggagas acara ini adalah sebuah komunitas warga Indonesia yang tinggal di London.

Kelompok warga yang menyebut diri sebagai "Komunitas Bangga Indonesia" ini berkeinginan agar Indonesia semakin dikenal oleh warga Inggris.

"Acara ini bertujuan untuk meningkatkan promosi wisata Indonesia dengan mengangkat seni budaya, kuliner dan fashion Indonesia," kata Endang Nurdin dari Komunitas Bangga Indonesia.

Selain itu, lanjut Endang, lewat acara ini Komunitas Bangga Indonesia ingin menunjukkan dukungan terhadap tekad pemerintah mewujudkan 20 juta turis ke Indonesia pada 2019.

Selama akhir pekan itu, di Potters Fields akan diisi dengan panggung utama dengan tulisan "Wonderful Indonesia" dan lebih dari 50 stan.

Puluhan stan ini akan dibagi dalam beberapa zona yaitu pariwisata, kuliner, seni dan budaya serta fashion.

Diharapkan acara ini bisa menarik perhatian warga London, sebab di akhir pekan kawasan Potter Fields dilintasi sedikitnya 70.000 orang.

Menurut data Kementerian Pariwisata jumlah wisatawan asal Uni Eropa yang berkunjung ke Indonesia sepanjang tahun lalu mencapai sekitar 1 juta orang.

Dari 1 juta orang itu, Inggris tercatat sebagai penyumbang wisatawan terbesar yaitu mencapai 230.000 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com