Ke Sabang Pulau Weh, Rutenya Mudah, Murah, dan Sederhana!

Kompas.com - 25/05/2016, 14:37 WIB
Dua orang wisatawan tengah snorkeling ria menikmati keindahan biota laut Iboih, Sabang, Aceh Tulus MuliawanDua orang wisatawan tengah snorkeling ria menikmati keindahan biota laut Iboih, Sabang, Aceh
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Di Indonesia, berlibur ke pulau identik dengan biaya mahal karena sulitnya transportasi. Tetapi untuk menuju Pulau Weh, Aceh, bujet yang Anda keluarkan tidak begitu besar dan dapat ditekan. Kuncinya cerdas dalam memilih transportasi.

Tenang, pilihan transportasi umum ke Pulau Weh begitu beragam dan tersedia dalam berbagai tingkatan harga. Kali ini, Kompas Travel akan menjabarkan rute perjalanan ke Sabang, Pulau Weh yang dimulai dari Jakarta.

Jakarta-Aceh

Ambil penerbangan ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh. Harga tiket pesawat normal dari Jakarta ke Aceh berkisar Rp 600.000, jika musim libur harga tiket naik sampai dua kali lipat.

Alternatif lainnya, jika Anda tak mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah ke Aceh atau justru Anda mendapat tiket pesawat promo, cobalah ambil penerbangan ke Kuala Namu,  Sumatera Utara. Kemudian naik bus antar kota dari Medan ke Banda Aceh yang dipatok tarif lebih kurang Rp 200.000. Waktu tempuh dari Medan menuju Banda Aceh adalah 12 jam.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Tugu Nol Kilometer di Sabang, Provinsi Aceh.
Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda-Pelabuhan Ulee Lheue

Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda terletak di Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar. Jaraknya sekitar satu jam ke kota Banda Aceh. Sedangkan Pelabuhan Ulee Lheue berada di kota Banda Aceh. Jadi jika Anda ingin segera menuju pelabuhan dari bandara, alternatifnya ada empat, yakni taksi, damri, becak motor, dan labi-labi (kendaraan khas Aceh).

Tarif keempatnya tentu berbeda. Taksi disesuaikan dengan argo. Damri dari Bandara ke Banda Aceh Rp 20.000, becak motor sesuai dengan penawaran, dan labi-labi memiliki harga carter (jika rombongan) dan harga perorangan.

Mencari becak motor dan Labi-labi memang agak sulit di komplek bandara. Untuk itu berjalanlah keluar dari komplek bandara untuk mencari dua transportasi tersebut.    

Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh-Pelabuhan Balohan, Sabang, Pulau Weh

Ada dua alternatif menuju Pulau Weh yakni dengan kapal cepat atau kapal lambat (feri). Dalam sehari ada tiga feri yang berlayar dari pelabuhan Ulee-Lheue (Banda Aceh) menuju pelabuhan Balohan (Pulau Weh) yakni pukul 08.00, 11.00, dan 16.00. Harga tiket Rp 25.000 dengan lama perjalanan 2 jam.

KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH Kapal wisata bersandar di Pantai Iboih, Sabang, Aceh, Selasa (26/4/2016). Sabang menjadi salah satu andalan Provinsi Aceh untuk menarik minat kunjungan wisatawan. Namun, obyek wisata di Sabang dianggap belum banyak variasi, yakni hanya mengenai laut, seperti pantai dan bawah laut. Kondisi ini membuat kunjungan wisatawan cenderung singkat, yakni rata-rata 2-3 hari.
Sedangkan untuk kapal cepat yang memakan waktu perjalanan 45 menit,  dalam sehari memiliki dua kali jadwal keberangkatan yakni pukul 08.00 dan 14.30, dengan harga tiket Rp 85.000.

Penting untuk dicatat khusus hari Jumat, kapal feri memiliki jadwal yang berbeda. Kemudian faktor cuaca dan lainnya juga berpengaruh pada waktu keberangkatan kapal.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X