Kompas.com - 26/05/2016, 10:34 WIB
Talas yang dijajakan penjual di sekitar Kebun Raya Bogor, Sabtu (14/5/2016) Tribunnewsbogor.comTalas yang dijajakan penjual di sekitar Kebun Raya Bogor, Sabtu (14/5/2016)
EditorNi Luh Made Pertiwi F

TALAS menjadi buah tangan yang wajib Anda bawa pulang ke rumah, saat berkunjung ke Kota Bogor. Tetapi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan talas dengan kualitas yang bagus.

Penjual talas di kawasan Kebun Raya Bogor (KRB), Dudung berbagi tips dalam memilih talas yang bagus. Menurutnya, ada trik khusus saat membeli talas yang enak dan legit saat dimakan.

"Talas yang bagus, adalah talas yang sudah benar-benar sudah matang," ujarnya kepada TribunnewsBogor.com, Sabtu (14/5/2016).

Bila dilihat secara fisik, kata dia, daging talasnya sudah berwarna agak keabu-abuan. Kemudian, saat buah talas dicium, maka wangi umbinya akan terasa.

"Kalau masalah ukuran itu relatif, ada yang besar tapi ada yang kecil juga bisa sudah matang," tambahnya.

Ia juga mengatakan, ciri utama dari talas yang bagus, yaitu tidak akan terasa gatal saat dimakan. Artinya, kandungan getahnya sudah tidak ada.

"Makanya sebelum diolah harus dicuci bersih dulu supaya tidak ada getahnya. Kulitnya dibersihkan dan dicampur garam sedikit saat dicuci," ujar pria asal Bogor ini.

Dudung juga mengatakan, dalam sehari, ia bisa menjual talas sebanyak 40 ikat. Satu ikatnya terdiri dari tiga talas ukuran besar. Ada juga yang berisi enam talas berukuran kecil untuk satu ikatnya.

"Talas yang kita jual ada dua, talas ketan dan talas mentega. Kalau talas ketan lebih empuk dan lebih wangi, kalau talas mentega agak keras," katanya.

Harga satu ikat talas ketan dibanderol Rp 75.000, sementara talas mentega Rp 65.000. Talas ini, paling sering diolah dengan cara direbus atau dikukus. Sering juga talas ini dijadikan adonan tepung untuk membuat kue. (TribunnewsBogor.com/Yudhi Maulana)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.