Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Strategi Kemenpar Kejar Target 200.000 Wisatawan Thailand

Kompas.com - 26/05/2016, 17:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengejar target kunjungan sekitar 200.000 wisatawan asal Thailand melancong ke Indonesia pada tahun ini.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar I Gde Pitana di Jakarta, Rabu (25/5/2016), mengatakan untuk memenuhi target itu, pihaknya melakukan berbagai promosi di negeri gajah putih tersebut.

Salah satu kegiatan promosinya siap digelar di Platinum Fashion Mall Bangkok pada 27-29 Mei 2016.

Menurut Pitana, mengejar target 200.000 wisatawan asal Thailand bukan soal mudah, apalagi Thailand juga gencar mempromosikan pariwisata negerinya.

Oleh karena itu, lanjut Pitana, Kemenpar juga perlu gencar mempromosikan Pesona Indonesia atau Wonderful Indonesia bagi penduduk Thailand dan wisatawan yang sedang berwisata di negeri itu untuk berkunjung ke Indonesia.

Kunjungan wisatawan asal Thailand ke Indonesia pada tahun 2015 tercatat 89.577 orang. Target 2016 berarti harus naik lebih dari dua kali lipat dari realisasi kunjungan selama 2015.

Target 200.000 wisatawan asal Thailand itu, menurut Pitana, masih sangat mungkin dicapai karena wisatawan Indonesia yang ke Thailand pada tahun 2015 mencapai 469.226 orang.

Untuk memuluskan misi mengejar target, Kemenpar pada 19-22 Mei lalu melakukan promosi keliling ke beberapa tempat strategis di Thailand.

KOMPAS/RENY SRI AYU Pengunjung memperhatikan rangkaian bunga segar di Central Department Store, Bangkok, beberapa waktu lalu. Pengelola salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Bangkok tersebut ingin menjadikan Thailand tidak sekadar menjadi tempat wisata budaya, melainkan juga wisata belanja. Festival Bunga adalah salah satu kiat menarik wisatawan untuk berbelanja
Pitana mengatakan sebelum menggelar acara inti di Platinum Fashion Mall, Kemenpar sudah menugaskan agen perjalanan Zanda Convention and Fair Tour Co, Ltd, untuk berpartisipasi pada aktivitas "moving truck" untuk promosi keliling di sejumlah tempat keramaian yang strategis di Thailand.

Sejumlah tempat keramaian itu antara lain di Fortune Town di Rama IV Road, Bangkok, untuk membidik pasar wisata dari kalangan perkantoran dan keluarga. Lalu di Center Point di Siam Square untuk membidik pasar pelajar dan perkantoran.

Ada pula di Chatuchak Weekend Market, pasar akbar di Bangkok yang buka Sabtu dan Minggu untuk membidik target pasar wisata dari kalangan pelajar, turis, dan keluarga.

Selain itu di Central Festival di Pattaya, kawasan wisata yang banyak menawarkan suguhan wisata air, menyelam, memancing, golf, restoran serta wisata belanja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com