Kampung Teletubbies, Kampung Unik dengan Rumah-rumah Tahan Gempa

Kompas.com - 27/05/2016, 19:05 WIB
Rumah dome di kampung Teletubbies, Sleman. Tribun Jogja/Hamim ThohariRumah dome di kampung Teletubbies, Sleman.
EditorNi Luh Made Pertiwi F

DI Yogyakarta ada "replika" rumah karakter serial televisi anak-anak berjudul "Teletubbies". Tokoh Tinky Winky, Dipsy, Lala, dan Po, begitu melekat di ingatan anak-anak era akhir 1990-an hingga kini.

Dalam serial itu, empat karakter tersebut tinggal dalam rumah berbentuk setengah lingkaran di tengah bukit hijau. Nah, rumah model seperti itu benar-benar ada di Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Sleman.

Kampung di Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, sebenarnya sudah begitu tenar dan dijuluki sebagai Kampung Teletubbies. Perkampungan unik dengan rumah-rumah berbentuk dome atau kubah itu kini berusia 10 tahun.

Jika karakter Teletubbies diceritakan begitu gembira. Nyatanya, ada kisah sedih di balik rumah-rumah dome itu. Rumah-rumah tersebut dibangun setelah gempa hebat yang terjadi di Yogyakarta pada 2006 yang lalu.

Wilayah Nglepen adalah salah satu dearah paling parah terdampak gempa. Saat itu, gempa membuat tanah di dearah tersebut amblas dan menelan sebagian besar rumah warga.

"Perkampungan ini dibangun oleh lembaga sosial dari luar negeri untuk menampung penduduk Nglepen yang sebagian besar setelah gempa tidak memiliki rumah. Selain itu wilayah tempat tinggal kami yang dulu juga sudah tidak boleh dibanguni rumah," ujar Widi (60) salah satu penduduk di perkampungan Teletubbies, kepada Tribun Jogja.

Aslinya nama kampung itu adalah "New Nglepen". Di dalamnya ada 80 bangunan yang terdiri dari 71 rumah hunian warga, 6 fasilitas MCK, satu masjid, satu aula, dan satu lagi untuk klinik kesehatan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X