Kompas.com - 28/05/2016, 11:44 WIB
EditorTri Wahono

MILAN, KOMPAS.com - Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Milan, Italia meluncurkan promosi potensi Indonesia di Piazza Cairoli-Castelo Milano, Jumat (27/5/2016) dalam bentuk iklan pada tram jumbo tiga gerbong yang melintas di jalur strategis. 

Tram tersebut melewati lokasi bersejarah seperti Duomo, Kawasan Bisnis Via Torino, Kantor Kamar Dagang Milan di Via Meravigli, Palazzo di Giustizia, Largo Augusto, Corso Porta Vittoria, Stasiun Kereta Porta Vittoria, dan Corso Magenta yang mashyur karena di sana terletak Gereja Santa Maria Della Grazie yang menjadi tuan rumah lukisan mural karya Leonardo da Vinci "The Last Supper". 

"Masyarakat Italia dan kalangan pebisnis Italia belum begitu familiar dengan Indonesia, oleh karena itu, Indonesia perlu terus meningkatkan usaha promosi di Italia," kata Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Milan Agung Pramudya FR dalam pernyataan resmi.

Peresmian promosi dipimpin langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Italia, Cyprus, Malta dan organisasi PBB, H.E. August Parengkuan dan dihadiri oleh Konsul Kehormatan Italia untuk Indonesia Jaccopo Fusaia, Inspektorat Kementrian Perdagangan, kepala ITPC Milan, Atase Pertanian Yusral Tahir, Atase Perdagangan Sumber SInabutar, serta perwakilan masyarakat diaspora Indonesia yang bermukin di Milan. 

 

Agung menambahkan, pihaknya juga fokus dan berkomitmen penuh dalam melaksanakan promosi intensif dan terintegrasi dengan memasang poster di stasiun-stasiun Metropolitana yang strategis di kota Milan. Juga promosi pada badan bus sepanjang 18 meter yang melewati kawasan penting seperti Castelo Sforzesco, Museo del Design, Triennale, Stasiun Cadorna, Turati yang merupakan kawasan konsulat dan kedutaan negara asing, kantor imigrasi, dan stasiun Moscova.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Italia, Cyprus, Malta dan organisasi PBB, H.E. August Parengkuan mengatakan KBRI terus bekerja sama dengan ITPC Milan dalam usaha memperkenalkan Indonesia pada pebisnis Italia, bukan sekedar pada tataran impor tapi juga menarik mereka untuk menjadi investor.

ITPC MILAN Duta Besar Indonesia untuk Italia, Cyprus, Malta dan organisasi PBB, H.E. August Parengkuan (kedua dari kiri) saat naik trem yang dihias promosi Indonesia di Milan, Italia.
"Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari promosi yang dilakukan sejak Expo Milan 2015 dan dengan beberapa kegiatan forum bisnis di Italia, sudah terjadi beberapa kunjungan pengusaha Italia ke Indonesia terutama semenjak Presidem Italia Mattarela melakukan kunjungan ke Indonesia pada November 2015 yang lalu," ujarnya.

Ia menambahkan ITPC Milan aktif dan sangat tepat melakukan promosi di Milan, sebab Milan adalah kota pusat bisnis Italia. Dubes mengakui, ketiadaan ikatan historis antara Indonesia dan Italia serta perbedaan bahasa menjadi kendala utama dalam melakukan relasi bisnis, oleh sebab itu menurutnya Indonesia harus terus aktif mengingat potensi bisnis yang dimiliki kedua negara sangatlah besar.

Sementara itu berkaitan dengan desain promosi pada media tram tersebut, Agung Pramudya memaparkan, Italia sangat lekat dengan budaya minum kopi dan Indonesia memiliki produk kopi unggulan.

Maka dalam kampanye kali ini, Indonesia mengangkat produk unggulan kopi pada tram dengan slogan "Noi e il caffè siamo due anime inseparabilli. Il suo aroma e il rituale che ci sveglia ogni mattina" (Kami dan kopi adalah dua jiwa yang tak terpisahkan. Aroma dan ritualnyalah yang membangunkan kami setiap pagi).

 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.