Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sate Padang Ajo Manih di Rawamangun yang Selalu Ramai Pembeli

Kompas.com - 28/05/2016, 16:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa tidak tahu sate padang? Kuliner khas Sumatera Barat ini termasuk salah satu kuliner legendaris. Nah, Sate Padang H. Ajo Manih di Jalan Balai Pustaka Timur, Rawamangun, Jakarta Timur boleh masuk dalam daftar tempat mencicipi sate padang.

Posisinya sejajar dengan Pasar Swalayan Tip Top atau kurang lebih 50 meter sebelumnya di sebelah kiri jalan. Tempat makan ini berdiri di bawah tenda, selayaknya pedagang kaki lima (PKL) dengan banyaknya lampu terang berwarna putih.

Menariknya, begitu tiba, seorang pengelola bakal mengarahkan meja makan yang masih kosong sembari menanyakan pesanan Anda. Hanya sekitar 2 menit saja makanan serta minumannya langsung diantar dan siap untuk disantap.

Sajian sate Padang di sini memakai piring keramik putih ukuran normal yang dilapisi daun pisang. Ada 10 tusuk sate lidah berukuran cukup besar ditemani potongan ketupat yang jumlahnya lumayan banyak.

"Memang harus sangat diperhatikan proses pembuatannya sehingga hasilnya pun menjadi enak," kata seorang pengelola, Edi kepada Tribun Travel.

Terbukti tempat makan ini memang tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya, sebab rasanya yang terjamin. Tidak hanya orang dari suku Padang asli yang makan di sini, tetapi banyak juga suku lainnya yang merupakan pelanggan tetap.

"Alhamdulilah tidak pernah sepi pengunjung, macam-macam orang sudah langganan makan di sini," imbuhnya.

Enaknya, Sate Padang asli buatan Minang ini kuahnya masih panas sehingga aroma lezatnya semakin tercium. Racikan bumbu kuahnya sama sekali tidak terasa pedas merica dan terasa halus saat masuk ke dalam rongga tenggorokan.

Sedikit taburan bawang goreng di bagian atas berhasil membuat rasa sate menjadi lebih legit. Sebagai pelengkap makanan terdapat pula kripik balado dan kerupuk kulit yang disediakan pada keranjang di masing-masing meja.

Kepingan kripik maupun kerupuk ini sangat cocok untuk dicocol ke sisa kuah sate Padang yang Anda pesan. Kualitas rasa sate Padang H. Ajo Manih memang tak perlu diragukan lagi tetapi bagaimana soal harganya?

Tenang, meskipun porsi yang disajikan terbilang ekstra tetapi untuk harga seporsinya masih tergolong standar. Sate Padang H. Ajo Manih ini hanya dibanderol Rp 24.000 per porsi.

Mengenai minumannya disediakan teh botol, es jeruk, dan air mineral yang dijual di kisaran harga Rp 4.000-an. Sementara untuk kripik balado dan kerupuk kulit dihargai Rp 2.000-an per bungkusnya.

Tak sabar ingin menjajal? Silahkan saja datang langsung, tempat ini mulai beroperasi pukul 17.00 WIB sampai 01.00 WIB. (Tribunnews.com/Reynas Abdila)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com