Kompas.com - 28/05/2016, 17:49 WIB
EditorTri Wahono

HARARE, KOMPAS.com - Pementasan kesenian Minangkabau, Sumatera Barat memukau warga di Harare, ibu kota Zimbabwe. Rangkaian kegiatan untuk memperkenalkan budaya Indonesia digelar 24-25 Mei 2016.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Harare secara khusus memboyong kelompok Sumbar Talenta dari Sumatera Barat yang dipimpin oleh Ibu Sastri Yunizarti Bakry.

Dalam keterangan yang diterima Kompas.com, ini merupakan pentas kesenian Indonesia yang terbesar selama beberapa tahun terakhir di Harare.

Pentas pertama di Harare dilakukan tanggal 24 Mei 2016 di Old Mutual Theatre, Alliance Francais- AF Harare. Pentas diawali dengan penampilan musik dari anak-anak KBRI yang berkolaborasi dengan musisi lokal itu sangat menarik perhatian para penonton.

Tari-tarian yang ditampilkan adalah Pasambahan, Indang, Baban Rang Rantau, dan Piring. Sedangkan lagu-lagu yang ditampilkan adalah Rang Sikumbang, Kau Seputih Melati, Si Nona, dan medley kumpulan lagu-lagu nasional Indonesia. Penonton terpukau dengan keterampilan grup Sumbar Talenta ketika mereka menari sambil menginjak pecahan kaca.

Sedangkan pentas utama yang ditampilkan di the Reps Theatre pada 25 Mei 2016 menarik sekitar lebih dari 300 penonton yang memenuhi gedung pertunjukan. Hadir sebagai tamu kehormatan adalah Menteri Pembangunan Daerah dan Pelestarian Warisan Budaya Nasional, Honorable Abednico Ncube.

Tim anak-anak KBRI Harare membuka pertunjukan dengan menampilkan tari Pendet dan Jaipong serta musik kolaborasi dengan artis lokal Zimbabwe yang menampilkan medley lagu-lagu nasional Indonesia, lagu Zimbabwe yang berbahasa Shona dan Ndebele, serta lagu rap karya staf KBRI Harare.

Selanjutnya, tim Sumbar Talenta menampilkan tari Pasambahan, Indang, Baban Rang Rantau, Rantak dan Piring (dengan memecahkan piring sebagai puncak acara), dan lagu Rang Sikumbang, Tinggalah Kampuang, Siti Nurbaya dan medley lagu-lagu nasional Indonesia dan lagu lokal Zimbabwe.

Sekali lagi penonton dangat terpukau dengan tari piring yang ditampilkan oleh grup Sumbar Talenta dan terheran-heran dengan keterampilan para penari menari di atas pecahan kaca.

Selain pentas, grup ini memberikan workshop mengenai tari Indang di the National Ballet/Dance Trust Zimbabwe. Peserta workshop sangat antusias untuk mempelajari gerakan yang cukup berbeda dengan tarian Afrika pada umumnya, namun memiliki ritme yang sama dinamisnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.