Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Tortilla, Ini 3 Kuliner Meksiko yang Patut Dicoba

Kompas.com - 28/05/2016, 18:08 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Makanan Meksiko tak melulu seputar tortilla, nacho, atau sambal salsa. Meksiko adalah negara yang besar dengan 31 negara bagian dan latar belakang penduduk yang beragam.

Masyarakat Meksiko menyebut dirinya sendiri sebagai Mestizo lantaran begitu banyak pencampuran budaya di negerinya, baik dari Amerika Latin, Eropa, sampai Timur Tengah. Karena latar budaya itu pula, kuliner Meksiko begitu kaya.

Sebelum Anda bingung ketika ingin mencicipi kuliner khas Meksiko, KompasTravel bertanya kepada koki kelahiran asli Meksiko, Euduardo Perez Romero dan Atase Kebudayaan dari Kedutaan Besar Meksiko untuk Indonesia, Luna Atzimba mengenai kuliner Meksiko.

Pertanyaannya adalah tiga makanan kebanggaan Meksiko yang ingin diperkenalkan ke masyarakat internasional. Keduanya berunding, kemudian inilah hasilnya.

1. Pozole

Pozole yang berarti hominy atau diartikan Bahasa Indonesia adalah bubur jagung. Pozole yang disajikan selagi hangat merupakan kombinasi dari bubur jagung yang dicampur daging (umumnya daging babi, namun bisa diganti ayam atau sapi) dan dibumbui cabai, bawang putih, kol, alpukat.

Agar menambah cita rasa pedas, diberi sambal salsa. Pozole adalah salah satu makanan yang selalu ada di pesta perayaan penduduk Meksiko. Pesta pernikahan, ulang tahun, atau tahun baru di Meksiko, pasti ada menu Pozole.

ThinkStock Ayam dalam saus Mole Poblano khas Meksiko
2. Mole Poblano

Orang Meksiko tak begitu suka akan makanan bercita rasa manis, tetapi mereka mengaku menyerah dengan sajian satu ini. Mole poblano adalah daging ayam atau daging burung kalkun yang dilumuri dengan saus berbahan dasar cokelat. Ada dua versi sejarah asal resep Mole Poblano yang sudah sangat tua.

Pertama, Mole Poblano berasal dari Suku Aztec, sebelum zaman Hispanic. Versi kedua menyebut Mole Poblano berasal dari abad ke-16 saat zaman kolonial. Sampai sekarang asal resep ini masih menjadi perdebatan. Tetapi semuanya setuju jika mole poblano lezat!

3. Relleno Negro

Anda beruntung jika pernah mencicipi Relleno Negro. Sebab bagi orang Meksiko makanan ini adalah makanan langka. Metode serta bahan pembuatannya terbilang sulit. Sajian ini adalah daging ayam yang dimasak dengan cabai gosong hingga memberi warna hitam pada daging.

Selain itu metode memasak Relleno Negro terbilang sangat tua, dibuat oleh suku Maya dengan metode tradisional. Coba ketik di mesin pencaharian Google, sangat sedikit penjelasan perihal Relleno Negro, membuatnya terasa semakin misteri.

Dari percakapan dengan Chef Romero dan Atzimba pula, disimpulkan jika makanan Meksiko umumnya dianggap lezat berasal dari Meksiko bagian tengah dan selatan. Meksiko bagian utara mengalami akulturasi masakan dengan Amerika Serikat hingga mengurangi rasa original. Makin selatan, rasa masakan Meksiko semakin eksotis! 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com