Pelesir ke London, Wajib Lihat Seremoni Pergantian Penjaga di Istana Buckingham

Kompas.com - 29/05/2016, 12:31 WIB
Pasukan berkuda Queen's Guard melintas di hadapan paea wisatawan Kompas.com/Ervan HandokoPasukan berkuda Queen's Guard melintas di hadapan paea wisatawan
EditorNi Luh Made Pertiwi F

LONDON, KOMPAS.com - Salah satu atraksi yang mungkin menjadi tontonan wajib bagi mereka yang berkunjung ke London, Inggris, adalah acara pergantian penjaga Istana Buckingham, kediaman resmi Ratu Elizabeth II.

Para prajurit penjaga istana dan keluarga kerajaan itu disebut Queen's Guard dan Queen's Life Guard. Mereka adalah para prajurit infantri dan kavaleri.

Meski menjadi "konsumsi" wisatawan, pergantian ini bukan semata-mata seremonial. Para prajurit itu adalah tentara terlatih dan selalu membawa senjata api dengan peluru tajam di dalamnya.

Untuk menonton aksi para prajurit Inggris itu, wisatawan harus mengetahui jadwal prosesi itu. Di musim gugur hingga semi, pergantian penjaga dilakukan dua hari sekali.

Sedangkan pada musim semi ke musim gugur, pergantian penjaga dilakukan setiap hari tepat pada pukul 11.30 waktu setempat.

Biasanya wisawatan sudah memadati sisi depan istana dan Victoria Memorial sejak pukul 09.00. Sehingga jika terlambat, bisa dipastikan kenyamanan untuk menyaksikan aksi para penjaga ratu itu berkurang.

Istana Buckingham relatif mudah dijangkau wisatawan. Paling efisien jika menggunakan kereta bawah tanah atau yang di Inggris disebut dengan nama "tube" maka pengunjung harus turun di stasiun Green Park.

Kompas.com/Ervan Handoko Kerumunan wisatawan yang ingin menyaksikan pergantian penjaga Istana Buckingham, London.
Nama stasiun ini merujuk pada sebuah taman indah dan teduh yang harus dilintasi wisatawan untuk mencapai Istana Buckingham.

Setelah berjalan kaki maksimal 10 menit menembus Green Park, di ujung taman Istana Buckingham dan Victoria Memorial sudah menunggu.

Kerumunan wisatawan kemudian akan ditertibkan petugas begitu pergantian penjaga akan dimulai.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X