Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kopi Vietnam Makin Populer, Ini Penyebabnya...

Kompas.com - 29/05/2016, 17:33 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak dapat dipungkiri kasus pembunuhan dengan medium kopi Vietnam yang diberi racun sianida beberapa waktu lalu sempat meresahkan masyarakat. Sebab dari kabar burung yang pertama marak beredar di jejaring sosial, dikabarkan jika kandungan kopi vietnam berbahaya jika dikonsumsi.

Padahal setelah proses penyelidikan pihak berwajib, diketahui jika sianida yang dimasukkan ke kopi vietnam di salah satu kafe tempat kejadian perkara, adalah penyebab kematian korban.

Beberapa restoran sempat cemas akan turunnya popularitas kopi vietnam, tak terkecuali Do An, restoran khas Vietnam di Jakarta yang memiliki tujuh cabang. 

"Sempat turun peminat, tapi setelah itu justru jadi banyak yang pesan," ujar Lea Joan, owner dari Do An saat ditemui KompasTravel di salah satu outlet Do An, Epicentrum Walk, Jakarta (27/5/2016). 

Joan mengatakan ketika kasus kopi vietnam bersianida mencuat, banyak konsumen yang justru penasaran akan rasa kopi vietnam. Sayangnya, terkadang konsumen bahkan bercanda dengan menyebut, "Kopi vietnamnya satu, tak pakai sianida," ungkap Lea menirukan candaan salah satu konsumen.

Sehabis minum kopi vietnam, ternyata banyak konsumen yang jatuh hati akan rasanya. Ia menuturkan kopi vietnam biasanya memakai biji kopi robusta.

"Kopi Vietnam tak harum tapi rasanya bertahan lama," jelas Lea Joan. 

Salah satu ciri lainnya dari kopi vietnam adalah proses penyajian dengan manual dripping untuk memisahkan ampas dan sari kopi. KompasTravel juga mencoba kopi vietnam dari Do An. Saat pertama datang, gelas kopi ternyata telah tercampur dengan susu kental manis.

"Jangan kaget susunya banyak, karena memang kopinya pahit," ujar Lea Joan.

Konsumen diberikan gelas berisi es terpisah, hingga kopi vietnam Do An dapat dinikmati panas atau dingin. Setelah proses manual dripping selesai, kopi kemudian diaduk agar bercampur rata dengan susu kental manis. Setelah itu dituang ke gelas berisi es.  

Rasa kopinya nikmat! Sangat segar untuk siang hari yang panas. Uniknya kopi vietnam ini memiliki cita rasa seperti karamel, akibat rasa kopi yang pahit dicampur susu kental manis. Ternyata komposisi susu kental manis yang awalnya terlihat banyak, berpadu sempurna dengan pahitnya kopi. 

Vietnam saat ini adalah negara kedua pemasok kopi terbesar di dunia setelah Brazil. Menurut data dari BBC, kopi menjadi salah satu komoditas yang membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat Vietnam.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com