Kompas.com - 30/05/2016, 10:07 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

LONDON, KOMPAS.com – Di salah satu sudut Potters Field, London tempat ajang Indonesian Weekend digelar, terlihat sekelompok anak berkerumun.

Mereka mengelilingi sebuah alas, semacam matras, berbentuk lingkaran dengan beberapa gasing bambu berputar dan menghasilkan suara dengungan yang cukup keras.

Mulut-mulut kecil itu menganga dan mata mereka tak berkedip ketika menyaksikan para seniman gasing Indonesia memutar alat permainan tradisional Nusantara itu.

Beberapa dari mereka kemudian membantu anak-anak itu untuk memutar gasing bambu tersebut. Saat beberapa anak berhasil memutar gasing, jerit kegirangan terdengar dan keriangan semakin bertambah ketika mereka mendapatkan hadiah sebuah gasing bambu.

(BACA: Wah, Pencak Silat Berhasil Pukau Warga di London)

Gasing adalah salah satu permainan tradisional Indonesia yang hingga kini masih dimainkan. Dan, setiap provinsi di Indonesia memiliki gasing yang berbeda baik dari bentuk dan ukurannya.

“Jumlah gasing di Indonesia bisa mencapai ribuan, yang kami sudah koleksi saja sekitar 600 buah,” ujar Endi Agus Riyanto, seorang pelestari gasing kepada KompasTravel, Sabtu (28/5/2016) malam.

Gasing biasanya dibuat dari kayu yang tumbuh di daerah itu. Bahkan, di beberapa daerah, seperti Sulawesi Tenggara, terdapat pohon dengan buah mirip gasing yang bisa langsung dimainkan.

(BACA: Pelesir ke London, Wajib Lihat Seremoni Pergantian Penjaga di Istana Buckingham)

Hal lain, lanjut Endi, gasing Indonesia memiliki berbagai ukuran dan berat, dari yang berukuran kecil hingga yang sangat besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.