Kompas.com - 01/06/2016, 08:09 WIB
Wisata Bhutan ThinkStockWisata Bhutan
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Pariwisata Bhutan tergolong "tertutup". Mereka membatasi jumlah wisatawan yang datang ke negara ini. Walau begitu, Bhutan punya sederet tempat dan aktivitas seru untuk wisatawan.

Bhutan adalah negara kerajaan di Asia Selatan yang cukup tertutup, termasuk soal pariwisata. Satu-satunya cara untuk bisa menyambangi Bhutan adalah lewat travel agent resmi yang sudah terdaftar di situs pariwisatanya: www.tourism.gov.bt.

Ada beberapa hal yang jadi incaran turis di negara eksotis tersebut. Hal itu diungkapkan Key Account Manager Tourism Council of Bhutan, Thsering Pem.

"Pertama adalah mengunjungi Tiger's Nest, monastery yang ada di atas bukit batu," tutur Pem dalam acara Travel Agent Seminar yang berlangsung di Jakarta, Senin (30/5/2016).

Kedua adalah makanan. Ternyata, wisata kuliner adalah salah satu andalan Bhutan. Pem menjelaskan masakan khas Bhutan banyak menggunakan cabai dan keju sehingga bercitarasa pedas dan gurih.

"Ketiga adalah archery (panahan). Ini adalah olahraga nasional Bhutan. Banyak sekali wisatawan yang datang untuk mencoba panahan tradisional," jelasnya.

COSMOPOLITAN.COM Gaya cantik Kate Middleton ketika sedang memanah di Bhutan
Selain Tiger's Nest, destinasi lain yang wajib dikunjungi adalah Dochula. Ini adalah monastery dengan 108 stupa, dibangun pada 2008. Pem menyebutkan pemandangannya sungguh indah. Anda akan mendapati langit yang biru atau putih sama sekali karena salju.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kemudian ada river rafting. Ini juga cukup populer, karena bisa dilakukan di berbagai wilayah Bhutan," lanjut Pem.

Hal berikutnya yang diincar wisatawan adalah festival tradisional. Bhutan punya banyak festival budaya yang digelar sepanjang tahun. Mayoritas digelar di dua kota terbesar, yakni Paro dan Thimphu.

Terakhir adalah homestay atau farm stays. Ini adalah opsi akomodasi untuk wisatawan yang ingin pengalaman menginap di rumah peternakan khas Bhutan.

"Farm stays memungkinkan kita untuk merasakan langsung kehidupan di peternakan. Anda juga akan diajarkan memasak dan menyelami cara hidup orang Bhutan," Pem menambahkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.