Kompas.com - 01/06/2016, 10:04 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com- Pacu jalur adalah ajang pesta rakyat yang selalu ditunggu masyarakat masyarakat Kabupaten Singingi, Riau. Ajang lomba mendayung dengan perahu bermuatan 40-60 orang ini biasanya berlangsung di Sungai Batang Kuantan.

Lomba ini berkembang mengikuti perkembangan zaman dengan luwes. Sejarahnya pun terbilang unik.

"Ribuan orang bersilaturahmi melihat adu cepat dayung panjang. Inilah event yang telah ada satu abad lalu," ungkap Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman pada acara peluncuran Calender of Event Riau 2016 di Balairung Soesilo Soedaman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (27/4/2016) lalu.  

Setelah Indonesia merdeka, pacu jalur dilaksanakan untuk merayakan hari raya Islam seperti Idul Fitri di Riau. Kini, ungkap Arsyadjuliandi, pacu jalur diselenggarakan untuk merayakan kemerdekaan Republik Indonesia. Namun asal usul pacu jalur terbilang unik.

"Pacu jalur dibuat untuk merayakan hari jadi Ratu Wihemnina pada zaman penjajahan Belanda," jelas Arsyadjuliandi.

Perlombaan yang diperkirakan sudah ada sejak tahun 1903 ini kini menjadi agenda tetap Pemerintah Provinsi Riau untuk menarik wisatawan nusantara maupun mancanegara berkunjung ke Riau.

Riuh semangat tim pendayung, warna-warni kostum, dan dentum suara meriam penanda mulai lomba, serta teriakan pemberi semangat menjadi daya tarik khazanah budaya lokal asli Riau yang pantas untuk dinikmati secara langsung. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.