Kompas.com - 01/06/2016, 11:33 WIB
Wisata Bhutan ThinkStockWisata Bhutan
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Bhutan tergolong wisata eksklusif yang cocok untuk penggemar wisata alam dan budaya. Wisatawan yang ingin pelesiran di negara kecil ini pun tak bisa sembarangan jika ingin masuk ke negara ini.

Pertama, untuk memasuki Bhutan, wisatawan harus menggunakan jasa travel agent asli negara tersebut. Tak sembarang travel agent, hanya yang terdaftar di situs resmi pariwisata Bhutan yakni www.tourism.gov.bt.

Tarif masuknya pun sudah dipatok oleh pemerintah setempat.Untuk premium daily package harganya 200 dollar AS (sekitar Rp 2,7 juta) per orang, per malam. Harga tersebut berlaku untuk musim dingin dan musim panas. Sementara untuk musim semi dan gugur, harganya 250 dollar (sekitar Rp 3,4 juta) AS per orang per malam.

"Selintas memang terdengar mahal, namun semuanya sudah disiapkan. Termasuk penginapan minimal di hotel bintang tiga," kata Key Account Manager Tourism Council of Bhutan, Thsering Pem saat Travel Agent Seminar yang berlangsung di Jakarta, Senin (30/5/2016).

Harga tersebut termasuk tiket pesawat Drukair, satu-satunya maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke Bhutan. Maskapai ini punya rute dari beberapa negara seperti India, Thailand, Nepal, Bangladesh, dan Singapura.

Namun paket harga tersebut sudah termasuk penginapan, seluruh agenda makan, pemandu wisata asli Bhutan, transportasi darat, camping dan trekking, pajak, juga royalti untuk pembangunan setempat sebesar 65 dollar AS.

ThinkStock Kampung di Bhutan
Travel agent juga akan mengurusi segala keperluan Anda, termasuk visa dengan jaminan 100 persen diterima.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Maskapai nasional Bhutan, Drukair memiliki penerbangan dari beberapa negara antara lain India, Thailand, Nepal, Bangladesh, dan Singapura. Maskapai tersebut bahkan memberikan diskon sebesar 10 persen jika Anda traveling dalam grup minimal 10 orang.

Bandara utama di negara tersebut adalah Paro International Airport. Terletak di Kota Paro, bandara tersebut terletak sekitar 45 menit perjalanan darat menuju ibu kota Bhutan yakni Thimphu.

"Dari cultural heritage sampai destinasi alam, banyak yang bisa dilihat di Bhutan. Kami memang tertutup namun di situlah kebahagiaan berasal," tambah Pem.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
STAND UP COMEDY INDONESIA
Stand Up Dany Beler: Yang Tadinya Jahat, Sekarang Jadi Baik
Stand Up Dany Beler: Yang Tadinya...
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.