Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Wisatawan dari Thailand

Kompas.com - 01/06/2016, 21:06 WIB

Pharujee Khemsawat (37) berusaha duduk senyaman mungkin dengan tatapan mata lurus ke depan. Punggungnya juga diupayakan dalam posisi tegak. Dia amat berharap pelukis Priadji Kusnadi (63) segera menyelesaikan siluet wajah perempuan berparas ayu dan berkulit putih itu.

”Saya penasaran. Teman-teman yang sudah dibikinkan siluet wajah, hasilnya bagus dan unik. Saya juga ingin dibuatkan seperti itu,” kata Pharujee tak sabar.

Pharujee berasal dari salah satu operator selam (diving) Thailand. Ketika itu, dia mengunjungi stan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI dalam pameran wisata selam Thailand Dive Expo (TDEX) 2016 di Queen Sirikit National Convention Center, Bangkok, Thailand, Jumat (13/5/2016).

Pameran diikuti 94 perusahaan dan asosiasi selam dari sejumlah negara dan digelar empat hari, 12-15 Mei.

Baru pertama kali mengikuti pameran yang dihadiri sekitar 90.000 pengunjung itu, Kemenpar menyewa stan dengan lahan seluas 72 meter persegi dan membawa 12 industri pariwisata, yakni dari biro perjalanan wisata dan operator selam. Sejumlah destinasi selam unggulan, seperti Jakarta, Bali, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, dan Sulawesi Utara, dipromosikan.

Stan Kemenpar dengan latar belakang berupa kapal pinisi itu tergolong megah dengan total biaya lebih kurang Rp 2 miliar, termasuk untuk menyewa stan di pameran golf, Thailand Golf Expo (TGEX) 2016, yang digelar pada waktu dan lokasi yang sama dengan TDEX.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com