Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelesir ke Bondowoso, Jangan Lupa Bawa Buah Tangan Ini!

Kompas.com - 02/06/2016, 05:41 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

BONDOWOSO, KOMPAS.com - Berkunjung ke suatu tempat rasanya tak lengkap jika tak membawa buah tangan untuk kembali. Apalagi jika Anda mampir untuk berlibur menikmati keindahan alam Bondowoso, Jawa Timur, Anda tak boleh melewatkan buah tangan khas kabupaten dengan slogan "The Highland Paradise" dan "Republik Kopi" ini.

Berikut adalah oleh-oleh yang cocok untuk Anda bawa dari Bondowoso:

1. Kopi

Bondowoso baru saja mengklaim dirinya sebagai "Republik Kopi" lantaran antusiasme masyarakat yang tinggi akan tanaman kopi.

"Kopi di Bondowoso istimewa karena di sini kopi tumbuh 1.800 meter di atas permukaan laut, yakni arabika. Selain itu juga tumbuhnya di kawasan Ijen dengan kontur dan kandungan tanah yang berbeda. Jadi cita rasanya berbeda karena ada unsur belerangnya," ungkap Bupati Bondowoso, Amin Said Husni.

Menurut Amin, kopi juga berjasa mengangkat hajat hidup masyarakat Bondowoso. 

2. Tapai

Bondowoso adalah sentra penghasil tapai. Di sini tapai diolah menjadi berbagai jenis makanan. Mulai dari kue, camilan, sampai minuman.

Tapai di Bondowoso memang beda, rasa manisnya legit dan teksturnya kencang! Tak heran tapai menjadi oleh-oleh di Bondowoso semenjak tahun 80-an.

3. Kacang Macadamia

Inilah kacang yang seringkali ada di cokelat-cokelat mahal buatan luar negeri. Bondowoso, tepatnya di kawasan Kalisat-Jampit melalui PT Perkebunan Nusantara adalah penghasil kacang Macadamia.

Sekantung kacang Macadamia harganya Rp 55.000, padahal jika di luar harga kacang macadamia ini relatif tinggi.

Silvita Agmasari Aktivitas pencelupan dan penjemuran batik di Batik Sumbersari, Bondowoso

4. Batik Bondowoso

Bondowoso juga punya batik! Motif khusus batik bondowoso menyesuaikan dengan alam sekitarnya yang dipenuhi tumbuhan singkong, kopi, dan bambu.

Inilah alasan mengapa membeli batik bondowoso, sebab jarang ada daerah yang memiliki motif batik tanaman singkong, kopi, dan bambu bukan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com