Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kedai "Bun Cha" yang Didatangi Obama di Vietnam

Kompas.com - 02/06/2016, 12:35 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

HANOI, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Presiden AS Barack Obama sempat menemani pembawa acara kuliner ternama Anthony Bourdain makan bun cha di Vietnam. Kedai mungil di Kota Hanoi itu kini jadi incaran wisatawan. 

Bun cha adalah kuliner khas Vietnam yang merupakan olahan bihun, terbuat dari tepung beras. Bun cha disajikan bersama aneka panggangan mulai dari sapi, ayam, sampai babi (pork). Makanan ini menjadi istimewa karena campuran sayur, rempah, serta saus khas Vietnam yakni Nouc Mam.

Presiden AS Barack Obama dan Anthony Bourdain sempat menyambangi salah satu kedai bun cha di Kota Hanoi. Nama kedainya Bun Cha Huong Lien, yang terletak di 24 Le Van Huu Street, Pham Dinh Ho.

VIETNAMNET.VN Kedai Bun Cha Huong Lien terletak di 24 Le Van Huu Street, Pham Dinh Ho. Kedai ini jadi pilihan Anthony Boudain saat menyantap bun cha bersama Presiden AS, Barack Obama.
Bagian luar kedai tersebut sama seperti restoran bun cha  pada umumnya. Sebuah etalase terpajang di bagian depannya. Di bagian dalamnya, kursi dan meja triplek berderet. Sangat sederhana.

(BACA: Apa Istimewanya Bun Cha, Mi Dingin Vietnam yang Disantap Obama?)

Mengutip Daily Mail, Kamis (2/6/2016), pemilik Bun Cha Huong Lien memang mengetahui akan ada kru televisi yang akan datang ke kedainya. Namun dia tidak tahu-menahu soal 'tamu khusus' yang akan datang malam itu. 

"Kehadirannya (Obama-red) di restoran kami benar-benar menjadi kejutan. Keluarga kami tidak pernah membayangkannya, bermimpi pun tidak," tutur Nguyen Thi Lien (54) kepada AFP.

Sore hari sebelum kedua 'tamu khusus' itu datang, US Secret Service menutup jalanan di sekitar Bun Cha Huong Lien. Usai makan bun cha, Obama sempat melambaikan tangan dan menyapa warga lokal sebelum kembali masuk ke dalam limousine-nya.

"Obama sangat ramah, murah senyum dan akrab dengan semua orang," tambah Nguyen Thi Lien.

LA TIMES Presiden AS Barack Obama usai menyantap bun cha di Hanoi, Vietnam.
Beberapa saat setelahnya, Bourdain yang merupakan pembawa acara 'No Reservations' mem-posting foto di Instagram dengan caption "The President's chopstick skills are on point." Tampak dalam foto, Obama memegang bir Hanoi di tangan kanannya.

Bourdain membayar 6 dollar AS untuk dua porsi bun cha dan bir Hanoi yang dipesan. Hal itu dipostingnya di twitter, "Total cost of bun cha dinner with the President: $6.00. I picked up the check."

Banyak wisatawan yang keliru antara bun cha  dengan pho, karena sama-sama terbuat dari olahan tepung beras. Namun perbedaannya mendasar: bun cha disajikan dingin sesuai suhu ruangan sementara pho disajikan hangat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com