Wisata ke Cirebon, Jangan Lupa Cicipi Empal Gentong Amarta

Kompas.com - 02/06/2016, 17:43 WIB
Empal Gentong Tribun Jogja/Hamim ThohariEmpal Gentong
EditorNi Luh Made Pertiwi F

BERWISATA atau mengunjungi sebuah daerah kurang lengkap rasanya tanpa mencicipi makanan daerah tersebut. Jadi jika Anda mengunjungi Cirebon, ada beberapa kuliner khas daerah ini yang wajib Anda cicipi.

Empal gentong adalah salah satu kuliner tradisional khas Cirebon yang tidak mungkin Anda hapus dari daftar makanan yang wajib dicoba di kota ini.

Empal gentong sudah begitu identik dengan kota di pesisir utara Pulau Jawa tersebut sehingga cukup mudah menemukan makanan ini di sana.

Dari sekian banyak penjual empal gentong ada beberapa yang terkenal dan empal gentong Amarta adalah salah satunya. Berada di Jalan Ir. H. Juanda Nomor 37 Battembut, Kabupaten Cirebon warung makan ini setiap harinya selalu ramai pembeli.

Empal gentong sendiri adalah olahan daging sapi menyerupai gulai. Yang unik dari kuliner ini adalah tempat masaknya yang menggunakan gentong terbuat dari tanah liat.

Warung makan empal gentong Amarta sendiri telah ada sejak tahun 1997 lalu. Adalah pasangan suami istri bernama Solihin dan Emi yang pertama kali merintisnya.

"Untuk memasak empal, kami menggunakan beragam bumbu rempah seperti, serai, bawang merah, bawang putih, dan bebrepa bumbu rempah lainnya," ujar Hada keempat, anak pasangan Solihin dan Emi.

Beragam bumbu rempah tersebut dimasak dengan santan dan daging sapi di dalam gentong. Empal yang telah dimasak hingga matang dibiarkan terus berada di atas api.

Daging sapi akan dipotong-potong jika telah ada pesanan dari pembeli. Hal ini menjadikan dagingnya begitu empuk dan bumbunya benar-benar meresap.

Setiap porsi empal disajikan dengan tambahan kucai dan bawang goreng. Bagi penggemar pedas, untuk menambahkan rasa pedas disediakan sambal dan cabai kering halus.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X