Kompas.com - 03/06/2016, 15:02 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

BAUBAU, KOMPAS.com - Untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menambah satu armadanya dengan rute Baubau-Wakatobi. Untuk rute Baubau-Wakatobi ini, Pelni menggunakan KFC Jetliner yang berukuran lebih kecil dari kapal Pelni lainnya.

"Tujuannya ke situ untuk menambah jumlah tingkatan para wisatawan ke Wakatobi. Tapi selain itu, Jetliner ini untuk memobilisasi penumpang yang ada di Sulawesi Tenggara," kata Manager Operational PT Pelni Cabang Baubau, Junaidi, Jumat (3/6/2016).

Menurut Junaidi, Jetliner buatan Jerman ini tidak hanya melayani rute Baubau -Wakatobi saja, namun juga melayani rute Baubau-Kolaka. Harga tiket untuk dewasa Baubau-Wakatobi Rp 74.000 dan Baubau-Kolaka Rp 83 000.

KFC Jetliner mempunyai panjang 95 meter dengan lebar 17,40 meter. Kecepatan kapal ini mencapai 25,6 Knot. Kapal ini dapat memuat penumpang sekitar 632 orang termasuk anak buah kapal.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Penari tradisional di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Kamis (7/8/2015).
Jetliner yang berbentuk semi feri ini juga dapat memuat mobil dan motor. "Antusias warga sangat baik, apalagi kapalnya kemarin masih perdana butuh sosialisasi," ujar Junaidi.

Keberadaan KFC Jetliner ini mendapatkan sambutan luar biasa dari warga Kota Baubau. Agus (38), warga Kecamatan Batupoaro mengatakan, keberadaan kapal Pelni dengan harga terjangkau sangat baik.

"Selama ini kalau mau ke Wakatobi pakai kapal kayu denga harga agak tinggi. Tapi setelah ada jetliner kami bisa berkunjung ke Wakatobi dengan harga tiket yang sangat terjangkau," ucap Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.