Kompas.com - 03/06/2016, 17:13 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KOMPAS.com - Penerbangan jarak jauh bisa menjadi pekerjaan melelahkan bagi awak kabin maupun penumpang. Tetapi, ke manakah para awak kabin sejenak beristirahat saat di pesawat?

Kebanyakan pesawat tipe Boeing 777 dan 787 terdapat tangga "rahasia" menuju tempat tidur tanpa jendela yang dijenal sebagai Crew Rest Compartments (CRCs) atau kompartemen tempat awak kabin beristirahat.

Hanya beberapa orang di luar karyawan maskapai penerbangan yang pernah melihat area ini. Sebagian besar penumpang umumnya tidak menyangka ada area tersebut. Sebab, tangga menuju kompartemen tersebut tersembunyi di balik sebuah pintu.

Biasanya perlu akses kode atau kunci untuk masuk ke dalamnya. Area tempat para awak kabin tidur ini tersembunyi di atas kepala para penumpang.

Ukuran dan posisi area beristirahat ini tergantung dari model pesawat. Tetapi biasanya dekat area kokpit dan di atas kabin first class. Contohnya seperti pesawat American Airline tipe Boeing 777 300, awak kabin memasuki area beristirahat melalui lubang yang serupa sebagai tempat penyimpanan bagasi di bagian atas (overhead bin).

Boeing Awak kabin beristirahat di pesawat Boeing.
Pada pesawat model Boeing 777s misalnya, ada 6-10 tempat tidur. Masing-masing memiliki semacam lemari untuk menaruh barang milik awak kabin selama perjalanan. Selain itu ada pula area khusus untuk pilot yang terdiri dari dua tempat tidur, dua kursi tipe business class. Di beberapa maskapai, bahkan terdapat area kamar mandi tersendiri.

Sementara itu, seorang awak kabin dari maskapai penerbangan asal Inggris, British Airways, menuturkan kepada MailOnline Travel, bahwa tempat tidur di pesawat Boeing 747s adalah tempat tidur tingkat. Sementara di tipe 777 seakan tidur di peti mati.

"Begitu sempit tetapi Anda bisa membuatnya nyaman selama Anda punya selimut dan bantal. Saya selalu membawa piyama sendiri dan merapikannya terlebih dahulu," katanya/

Beberapa area beristirahat ini dilengkapi dengan sistem hiburan seperti televisi mini, selimut, bantal, dan bahkan piyama. Setiap maskapai penerbangan menerapkan denah tempat tidur yang berbeda. Ada yang modelnya tempat tidur menumpuk ada pula tempat tidur yang berjejer sepanjang lorong.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.