Hartini Ismail Terpilih sebagai Putri Pariwisata Gorontalo 2016

Kompas.com - 04/06/2016, 11:49 WIB
Hartini Ismail dinobatkan sebagai Putri Pariwisata Gorontalo 2016. Ia menyisihkan 13 finalis lainnya. INDRA DUNGGIOHartini Ismail dinobatkan sebagai Putri Pariwisata Gorontalo 2016. Ia menyisihkan 13 finalis lainnya.
|
EditorI Made Asdhiana

GORONTALO, KOMPAS.com – Hartini Ismail (18) dinobatkan sebagai Putri Pariwisata Indonesia Provinsi Gorontalo, Sabtu (4/6/2016).

Hartini Ismail yang biasa dipanggil Nini, mampu meyakinkan dewan juri menjadi yang terbaik Dan mengungguli 13 finalis lainnya.

Juri dalam Pemilihan Putri Pariwisata ini adalah Widi Nugroho (Yayasan Eljohn), Danny Wulandari (runner up ketiga Putri Pariwisata 2015), Arfan Arsyad (akademisi), Irma Sukmawati Botutihe (psikolog) dan Watie Moerany (Asisiten Deputi Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara).

Nini, merupakan anak terakhir dari 3 bersaudara, putri pasangan Yusbah Ismail Maryam Samu. Nini lahir di Gorontalo.

“Saya baru lulus SMA dan sekarang sedang mendaftar di perguruan tinggi,” kata Nini seusai penobatan.

Sebagai Putri Pariwisata, Nini berharap dapat berperan memasarkan pariwisata Gorontalo yang selama ini belum diketahui masyarakat banyak.

KOMPAS.COM/ROSYID A AZHAR Kevin (12) dan 2 temannya memberi makan hiu paus di Desa Batumarani, Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Hiu paus ini sangat jinak dan biasa bermain dengan anak-anak nelayan.
“Gorontalo itu eksotis, berada di kawasan wallacea yang kaya biodiversitas endemik. Juga memiliki budaya yang luhur sebagai modal pembangunan nasional,” kata Nini.

Menurut Nini, Gorontalo yang belum banyak diekspos merupakan surga para pelancong kelas dunia. Kekayaan hayati dan budaya harus dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kemakmuran masyarakat.

“Suaka Marga Satwa Nantu merupakan jantung hutan hujan tropis terbaik di Asia, rumah bagi anoa, babi rusa, babi sulawesi, monyet sulawesi, rangkong, dan masih banyak lagi. Yang terbaru adalah belasan hiu paus yang berada di Teluk Gorontalo. Hiu ini jinak, hanya ada di Gorontalo. Ayo berkunjung ke Gorontalo,” jelas Nini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X