Kompas.com - 04/06/2016, 19:06 WIB
Kurma adalah buah yang sarat gizi. SHUTTERSTOCKKurma adalah buah yang sarat gizi.
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Kurma adalah hidangan wajib untuk berbuka puasa bagi warga Muslim di Amerika Serikat (AS), kata Duta Besar AS untuk Indonesia Robert O Blake di Jakarta, Jumat (3/6/2016).

"Kebiasaan di AS adalah setiap keluarga di sana pasti membatalkan puasa mereka dahulu dengan kurma, setelah itu baru mereka akan memakan hidangan yang lain," ujarnya kepada Antara ketika ditemui di @america, Jakarta.

Blake menjelaskan berbuka dengan kurma itu, menjadi salah satu kesamaan sebagian besar warga Muslim di AS, yang datang dari sekitar 75 negara berbeda dari seluruh belahan dunia.

"Sebagian besar dari mereka (warga Muslim di AS) ada juga yang tetap menerapkan beberapa tradisi daerah masing-masing, tetapi menurut saya,suasana Ramadhan di AS tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, tentu saja masyarakat Muslim di sana tetap menjalankan puasa," katanya menambahkan.

Blake juga mengaku sering mengadakan acara buka puasa di kediamannya di Indonesia, dan kurma, buah yang biasanya didapatkan dari wilayah Timur Tengah itu, juga menjadi hidangan yang kerap ia sajikan dalam acara tersebut.

"Kurma California merupakan salah satu hidangan paling populer yang ada di rumah saya, ini karena ukurannya sangat besar dan kulitnya lembab," jelasnya.

Kini, Amerika juga dikenal menjadi salah satu penghasil kurma di dunia, yang mana kebun kurma di negara Paman Sam itu dapat ditemukan di wilayah California dan Arizona.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber ANTARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.