Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Namanya Memang Seram, Tetapi Ini Uniknya Es Poconk di Bogor

Kompas.com - 05/06/2016, 11:09 WIB


BOGOR TENGAH, KOMPAS.com - Menyeruput es saat udara panas memang jadi pilihan tepat. Di Kota Bogor, banyak pilihan es dengan berbagai nama dan rasa.

Tetapi tahukah Anda, ada es yang namanya cukup seram jika disebutkan, yaitu Es Poconk. Es Poconk bisa dijumpai di Jalan Pemuda, sebelum GOR Pajajaran, Kecamatan Tanahsareal, Kota Bogor, Jawa Barat.

Tak seseram namanya, rasa es ini cukup lezat dan manis saat disantap. Nama poconk diambil karena pada es tersebut terdapat beberapa komposisi jelly berbentuk segi empat berwarna putih.

"Kalau es Poconk ini cabang dari Depok, karena ada putih putih gitu tersembunyi di bawah esnya, jadi dinamakan poconk," kata Rita penjual Es Poconk kepada TribunnewsBogor.com, Kamis (2/6/2016).

Selintas, tampilan Es Poconk seperti es buah, karena sebagian besar isinya adalah buah-buahan yang dipotong kecil-kecil. Rasanya berbeda dengan es buah yang banyak ditemui di Kota Bogor.

Perbedaan Es Poconk dengan minuman serupa, selain menggunakan gula cair juga ditambahkan jus alpukat cair. Sehingga saat diseruput, di mulut terasa manis bercampur jus alpukat.

Setiap satu mangkuk es poconk berisi potongan pepaya, apel, nanas, buah naga, pear, jambu dan belimbing. Selain itu ada juga tambahan lain seperti agar-agar dan jelly.

Untuk satu mangkuk es poconk dijual dengan harga Rp 10.000. Penasaran mencoba es poconk? Datang saja ke Jalan Pemuda, Kota Bogor, tidak jauh dari Taman Air Mancur. (TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com