Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saatnya Wisata ke Bali, Ada "Ulun Danu Beratan Culture & Art Festival"

Kompas.com - 05/06/2016, 12:00 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

TABANAN, KOMPAS.com - Ulun Danu Beratan Culture and Art Festival yang ketiga digelar di Tabanan, Bali. Acara ini berlangsung mulai hari ini hingga 14 Agustus 2016.

Wisatawan bisa menonton parade budaya dan mencicipi aneka kuliner lokal. Festival seni dan budaya ini digelar di Pura Ulun Danu Beratan, Kabupaten Tabanan, Bali. Selain menyaksikan parade tarian dan pertunjukan budaya, wisatawan mengenal beragam kekayaan kuliner lokal.

"Tabanan punya banyak kekayaan leluhur, seperti Tanah Lot dan Pura Ulun Danu Beratan. Event seperti ini membangun semangat untuk melestarikan budaya," tutur Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti saat pembukaan Ulun Danu Beratan Culture & Art Festival, Tabanan, Minggu (5/6/2016).

Danau Beratan yang terletak di ketinggian 1.231 mdpl menyuguhkan panorama memukau Bukit Pangelengan. Kecantikannya diperkuat oleh aura religius Pura Ulun Danu Beratan, yang menjadi latar festival budaya ini.

Kompas.com/Sastri Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Kawasan Pariwisata, Husen Alaydrus membuka Ulun Danu Beratan Culture & Art Festival, Minggu (5/6/2016).
Tahun ini, festival digelar dengan tema 'Amurwa Ranu Laksana: Mengenang Masa Lampau Danau". Pada hari pembukaan ini, ada beragam parade dan pementasan mulai dari Bleganjur, Gebogan, serta beragam tari tradisional.

Agenda akan dilanjutkan pada Rabu (8/6/2016) dengan atraksi lomba sampan dayung dan Kamis (9/6/2016) dengan atraksi penebaran ikan di Ulun Danu Beratan serta demonstrasi memasak ikan.

"Mulai tanggal 9 sampai 14 Agustus nanti, acara akan dilanjutkan setiap hari Sabtu dan Minggu saja," tutur Ketua Panitia Ulun Danu Beratan Culture & Art Festival, I Wayan Mustika kepada KompasTravel.

Di hari pembukaan ini, area Pura Ulun Danu Beratan dipenuhi warga dan wisatawan. Banyak pula turis asing yang antusias menonton parade tari dan pertunjukan budaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com