Kompas.com - 08/06/2016, 04:06 WIB
Bunaken, Sulawesi Utara, menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan  untuk datang ke  Manado. Di kapal yang membawa ke lokasi selam dan snorkeling, penumpang  berfoto dengan latar belakang Gunung Manado Tua dan Pulau Bunaken. KOMPAS/AGNES RITA SULISTYAWATYBunaken, Sulawesi Utara, menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke Manado. Di kapal yang membawa ke lokasi selam dan snorkeling, penumpang berfoto dengan latar belakang Gunung Manado Tua dan Pulau Bunaken.
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan wisata di Manado dan destinasi pariwisata lain di Sulawesi Utara berkelas dunia dan makin menarik perhatian wisatawan mancanegara.

"Atraksinya sudah kelas dunia. Wisata baharinya kuat, baik 'underwater' maupun bentang pantai," kata Arief Yahya di Jakarta, Selasa (7/6/2016), menanggapi pengembangan Pelabuhan Manado menjadi pelabuhan pariwisata.

(BACA: Pengakuan Jujur Orang Korea soal Pariwisata Indonesia)

Menurut Menpar, hal yang istimewa dan jarang dipikirkan orang adalah akses Manado itu dekat ke Pulau Cebu, Davao, Filipina.

"Dekat dengan banyak turis di sana sehingga bisa ditarik juga ke Manado," katanya.

Sebelumnya Gubernur Sulut Olly Dondokambey, didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulut Happy Korah, menyatakan Pelabuhan Manado akan menjadi pelabuhan pariwisata dan anggaran sekitar Rp 1 triliun siap dikucurkan untuk pembangunannya.

DOK INDONESIA.TRAVEL Ilustrasi menyelam
Kelak kapal-kapal pesiar yang datang tidak lagi di Bitung tetapi di Manado. Begitu pula kapal penumpang dan kapal Pelni yang membawa penumpang akan masuk ke Manado, dan kapal barang yang akan ke Bitung.

(BACA: Jeju Air dan Jin Air Tertarik Terbang ke Manado dan Lombok)

Rencana pembangunan pelabuhan pariwisata ini, menurut Olly Dondokambey, akan berimbas positif bagi Sulawesi Utara. Pelabuhan Manado untuk menunjang wisatawan datang ke Sulut. Sementara, Pelabuhan Bitung ini dalam rangka menunjang KEK (Kawasan Ekonomi Khusus).

Selain pengembangan akses pelabuhan, Menpar Arief Yahya juga akan mengembangkan pariwisata Sulut melalui bandara.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber ANTARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.