Catat, Ini Rute-rute “Ngabuburit” dengan Bus Wisata Jakarta - Kompas.com

Catat, Ini Rute-rute “Ngabuburit” dengan Bus Wisata Jakarta

Kompas.com - 08/06/2016, 11:02 WIB
KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Bus wisata keliling Jakarta yang tiba di halte Bundaran HI. Bus tersebut mengantarkan wisatawannya ke beberapa spot kuliner dan perbelanjaan di Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Keliling dengan bus wisata Jakarta bisa menjadi alternatif untuk menunggu waktu berbuka, bagi wisatawan yang berpuasa. Tiga jalur tour wisata tematik dapat dinikmati wisatawan yaitu “Art and Culinary”, “History of Jakarta”, dan “Shopping Experience Jakarta”.

Ketiga tema wisata tersebut memiliki rute dengan tempat yang berbeda. Bagi wisatawan yang hendak naik atau berbuka puasa di tempat-tempat tertentu, baiknya perhatikan rute bus wisata berikut yang dihimpun KompasTravel dari Humas PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) selaku penyelenggara.

Ketiga rute bus tersebut berpusat di halte Masjid Istiqlal, untuk selanjutnya berpencar ke berbagai tempat sesuai dengan temanya masing-masing. Wisatawan dapat naik dan turun di berbagai tempat tersebut.

Di hari Senin hingga Sabtu, bus wisata memulai perjalanannya pukul 08.30 WIB, sedangkan Minggu bersiap mulai pukul 11.30 sebelum berpencar ke tempatnya masing-masing.

“Untuk rute wisata sejarah atau ‘History of Jakarta’, bus yang tersedia ada lima. Sedang yang wisata belanja dan kuliner total ada tiga, jadi delapan sampai sekarang. Untuk selanjutnya ada rencana penambahan,” ujar Prasetya Budi saat dihubungi KompasTravel, Selasa (7/6/2016).

Dari jumlahnya yang lebih banyak, bus yang melayani rute “History of Jakarta” berangkat setiap 15 menit. Start di Balai Kota Jakarta, pukul 09.00 WIB untuk bus pertama dan selang 15 menit untuk setiap bus berikutnya. Tiap satu bus wisata akan berkeliling selama lima kali dalam sehari, yaitu pukul 09.00, 11.00, 13.00, 15.00, dan 17.00, sehingga wisatawan dapat meilih waktu sore hari untuk “ngabuburit”.

Dari Balai Kota, bus wisata “History of Jakarta” melaui Museum Nasional - Gedung Arsip – Museum Bank Indonesia – Bank BNI 46, di mana dekat dengan Museum Fatahillah dan Kota Tua – Pasar Baru (Gedung Kesenian Jakarta) – Juanda/Masjid Istiqlal – dan Monumen Nasional (Monas).

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Wisatawan yang sudah menunggu kedatangan bus wisata keliling Jakarta di halte Monas dua, Minggu (5/6/2016).
Sedangkan untuk rute bus wisata “Art and Culinary”, dimulai dengan waktu yang sama yaitu 09.00 WIB di Halte Monas 2. Setelah dari Halte Monas, wisatawan dibawa ke Balai Kota Jakarta, di mana terdapat puluhan stand bazar di parkirannya.

Setelah itu ke Harmoni – Gedung Arsip – Museum Bank Indonesia – BNI 46, di mana dekat dengan pasar pernak pernik Asemka – Sawah Besar – dan Pusat Kuliner Pecenongan.

Untuk rute bus wisata “Shopping Experience Jakarta”, berangkat dari Halte Monas 1. Setelah itu melalui halte Monas 2 – Balai Kota Jakarta – Sarinah – Plaza Indonesia – Museum Nasional – Pecenongan – Pasar Baru – dan Juanda/Masjid Istiqlal.

Dari berbagai tempat tersebut, wisatawan dapat singah untuk menikmati tempatnya. Setelah itu dapat menunggu bus di belakangnya untuk kembali meneruskan tour.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorI Made Asdhiana

Close Ads X