Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Pisang, Pesona Baru dari Timur Indonesia

Kompas.com - 08/06/2016, 21:27 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis

KOLAKA, KOMPAS.com - Sudah tidak dapat dipungkiri lagi jika keindahan alam bawah laut Indonesia bagian timur begitu nyata adanya. Salah satu yang baru beberapa pekan terakhir ditemukan oleh klub penyelam, Kolaka Diving Club.

Pecinta diving ini berhasil mengeksplor keindahan alam bawah laut Pulau Pisang, yang terletak di Kota Kolaka, Sulawesi Tenggara. Hasilnya pun begitu memuaskan, deretan karang atau koral yang menawan serta biota laut yang beragam dapat menjamin daerah ini adalah pesona baru wisata bawah laut dari kawasan Timur Indonesia.

Jadi satu lagi pilihan menarik bagi para pecinta pesona bawah laut, yaitu Pulau Pisang. Ketua Kolaka Diving Club, Arsi Pamma menjelaskan bahwa keberadaan pulau ini memang masih sangat jarang diketahui.

“Jangankan wisatawan dari luar daerah, warga Kolaka saja masih sedikit yang mengetahui keberadaan pulau ini. Maka kami ajak teman dari Kompas.com untuk ikut dan melihat langsung potensi bawah lautnya. Saya yakin ini bisa menjadi destinasi baru di wilayah Indonesia Timur," katanya, Rabu (8/6/2016).

Menurut Arsi, aneka jenis ikan dan karang di bawah laut Pulau Pisang adalah aset yang berharga bagi Indonesia.

“Ini adalah aset yang besar. Sudah sangat lengkap potensi bawah lautnya, mulai dari jenis koral, hewan laut sampai tumbuhan yang banyak orang bilang akar bahar ada di sana. Sangat luar biasa,” tambahnya.

Kini lokasi tersebut sudah mulai diperkenalkan dengan wisatawan lokal lewat cara kampanye media sosial seperti apa potensi wisata alam bawah laut di Pulau Pisang.

“Kami mengambil beberapa dokementasi foto dan video lalu mencoba berkampanye lewat media sosial dengan harapan wisatawan punya minat datang dan menikmati wisata alam bawah laut itu. Sudah ada sejumlah wisatawan yang datang,” tegasnya.

Kini bagi anda penikmat wisata bawah laut, setidaknya satu lagi referensi destinasi yang anda dapatkan, yaitu Pulau Pisang di Kota Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Mengakses lokasi ini sangat mudah, bisa jalur udara lewat Bandar Udara Sangia Nibandera. Jaraknya pun dari pusat kota hanya sekitar 50 kilometer. Ayo ke pulau pisang dan rasakan eksotisme pesona baru dari Kawasan Timur Indonesia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com