Rekomendasi 5 Destinasi Wisata di Indonesia untuk Turis Australia

Kompas.com - 09/06/2016, 13:04 WIB
Pantai wisata Nanga Nesa di Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur, yang tidak dikelola pemerintah daerah. KOMPAS/KORNELIS KEWA AMAPantai wisata Nanga Nesa di Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur, yang tidak dikelola pemerintah daerah.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan Australian Bureau of Statistics disebutkan jika Indonesia menjadi tempat kedua paling populer bagi warga Australia untuk berlibur. Posisi Indonesia berada di bawah Selandia Baru sebagai destinasi wisata warga Australia dari tahun 2014-2015.

Uniknya, situs berita lokal Australia, News.com.au menganjurkan warga Australia untuk lebih jauh mengeksplor Indonesia. "Bir Bintang murah, iklimnya hangat, dan pestanya panjang. Tetapi ada yang lebih hidup dibanding, Kuta, Seminyak, atau Ubud," tulis News.com.au. Situs ini menjabarkan lima destinasi wisata di Indonesia yang patut dikunjungi oleh warga Australia selain Bali, yakni:

1. Flores

"Cocok untuk pecinta alam" dikutip dari News.com.au. Flores menjadi rekomendasi karena statusnya sebagai UNESCO World Heritage Site. Wisatawan Australia diajak untuk melihat Komodo di Pulau Rinca, pantai yang masih perawan, sawah, sabana, dan gunung api di Flores oleh situs News.com.au.

SENDY ADITYA SAPUTRA Snorkeling di Gili Petelu, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.
2. Lombok

"Cocok untuk penggila selancar," tulis News.com.au. Daya tarik Lombok yang memiliki banyak air terjun, pantai yang sepi untuk berselancar, dan latar Gunung Rinjani membuat Lombok direkomendasikan kepada wisatawan Australia. Disebut dalam situs News.com.au jika Lombok mirip seperti Bali ketika 10 sampai 20 tahun silam.

KOMPAS/RENY SRI AYU Tongkonan atau rumah adat yang berada di Ke'te Kesu, Toraja Utara, menjadi salah satu obyek menarik di wilayah ini. Tongkonan yang berusia ratusan tahun ini menjadi salah satu peninggalan sejarah di Toraja Utara.
3. Sulawesi

News.com.au menuliskan jika wisawatan Austalia pecinta diving harus berkunjung ke Sulawesi khususnya di Pulau Togean dan Bunaken yang disebut lokasi menyelam kelas dunia. Selain itu Toraja juga menjadi tempat yang direkomendasikan bagi wisatawan Australia.

Kompas.com/Ika Fitriana Para Biksu dan umat Buddha menerbangkan lampion di pelataran Candi Borobudur, Magelang, dalam rangka perayaan Tri Suci Waisak 2560 BE, Sabtu (21/5/2016) dini hari.
4. Yogyakarta

Bagi wisatawan Australia yang hobi dengan bidang arkeologi, situs News.com.au menganjurkan Yogyakarta dan Magelang untuk melihat keindahan Candi Borobudur dan Prambanan.

"Yogya juga dikenal sebagai tempat kuliner, seni, tarian tradisional, pertunjukan wayang, dan aneka kerajinan Jawa. Ini tanah suci untuk pecinta makanan yang suka makanan lezat dan murah," tulis News.com.au

KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO Petambang memikul belerang seberat lebih dari 70 kilogram. Mereka harus menempuh jarak sejauh 3 kilometer dari kawah Gunung Ijen menuju Pos Paltuding di kawasan Ijen, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Masyarakat sekitar Gunung Ijen kini sudah mengantisipasi gejala bencana dari kawah tersebut.
5. Bayuwangi

Melihat kehidupan hewan di alam asli daerah Baluran menjadi daya tarik bagi wisatawan Australia. Selain itu pesona Ijen dan Pantai Pulau Merah di Banyuwangi, Jawa Timur, juga digadang harus dikunjungi oleh wisatawan Australia oleh News.com.au



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X