Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Masjid Tertua, Termegah, dan Satu-satunya di Seoul

Kompas.com - 09/06/2016, 16:43 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Jika traveling ke Seoul pada bulan Ramadhan, hanya ada satu masjid yang bisa disambangi. Seoul Central Masjid adalah masjid pertama, termegah, dan satu-satunya di ibukota Korea Selatan itu.

Seoul Central Masjid berlokasi di 732-21 Hannam-dong, Yongsan-gu, Kota Seoul. Pembangunannya dimulai pada Oktober 1974, menempati lahan seluas 5.000 meter persegi pemberian pemerintah Korea. Mengutip situs resmi pariwisata Korsel, visitkorea.or.kr, Rabu (8/6/2016), ini adalah masjid pertama dan satu-satunya di Kota Seoul.

Menggunakan dana sumbangan dari negara-negara Muslim, Seoul Central Masjid resmi dibuka pada 21 Mei 1976. Kini, masjid megah tersebut berdiri di antara Hangang River dan Namsan Mountain.

DOK. VISIT KOREA Menggunakan dana sumbangan dari negara-negara Muslim, Seoul Central Masjid resmi dibuka pada 21 Mei 1976
Lantai pertama masjid digunakan untuk ruang pertemuan serta kantor Korea Muslim Federation. Masuk ke lantai dua, terdapat tempat beribadah untuk pria dengan luas 427 meter persegi. Sementara tempat beribadah untuk wanita menempati lantai tiga. 

Persis di samping Seoul Central Masjid, terdapat Islamic Center seluas 1.362 meter persegi. Islamic Center ini menjadi pusat kegiatan Muslim, sekaligus madrasah di ibu kota Korsel tersebut.

Diresmikan pada 20 Juli 1990, Islamic Center dibangun dari dana Islamic Development Bank of Saudi Arabia.

Tak heran, masjid ini menjadi destinasi umat Muslim untuk beribadah terutama saat Ramadhan. Jangan lupa mampir kalau berkunjung ke ibu kota Korea Selatan!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com