Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Pemesanan Tiket Pesawat dan Hotel Naik

Kompas.com - 10/06/2016, 07:13 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemesanan tiket pesawat selalu bertambah tinggi jelang Hari Raya Idul Fitri. Minggu pertama Ramadhan, pemesanan tiket pesawat naik 25 persen dibanding tahun lalu.

Data tersebut berdasarkan penjualan di seluruh saluran distribusi online dan offline Panorama Tours, salah satu travel agent terbesar di Indonesia. Jelang libur Lebaran, tercatat pemesanan tiket pesawat naik 25 persen.

"Semarang, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Padang, Palembang, dan Medan merupakan rute dengan permintaan tertinggi," tutur Chief Marketing Officer Panorama Tours Indonesia Fenny Maria, Kamis (9/6/2016).

Kenaikan jumlah pemesanan tiket pesawat kali ini disebabkan oleh waktu libur Lebaran yang bersinggungan dengan liburan sekolah. Kenaikan tertinggi terjadi pada Maret dan April 2016.

Selain itu, lanjut Fenny, gencarnya promo dari maskapai penerbangan selama empat bulan belakangan juga menyebabkan serentaknya kenaikan jumlah pemesanan tiket pesawat. 

Fenny mengungkapkan pada minggu pertama Ramadan kali ini, tingkat pemesanan hotel juga naik sebesar 20 persen. Tak hanya itu, pemesanan paket tur juga naik sebesar 10 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

"Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru, dan Eropa menempati urutan teratas sebagai negara destinasi favorit tur luar negeri," tambah Fenny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com