Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/06/2016, 07:49 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sederet taman nasional di Indonesia memiliki keindahan alam yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Sebut saja Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur dengan padang pasir dan juga Kawah Bromo yang siap memanjakan mata atau Taman Nasional Komodo dengan hewan komodo.

Namun, selain Bromo Tengger Semeru dan Komodo, masih terdapat taman nasional lain yang wajib dikunjungi destinasi wisata. Apa saja taman nasional tersebut ?

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Tachrir Fathoni memberikan rekomendasi taman nasional yang wajib dikunjungi untuk berwisata seperti Taman Nasional Way Kambas di Lampung, Tanjung Puting di Kalimantan Tengah, Gunung Leuser di Aceh, Baluran, dan Alas Purwo di Jawa Timur.

"Misalnya Taman Nasional Way Kambas di sana ada Rhino (badak sumatera) yang tidak ada duanya di dunia. Ada juga gajah yang bisa dilihat dan harimau," kata Tachrir kepada KompasTravel saat ditemui usai buka bersama di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Senin (13/6/2016).

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisatawan di Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah.
Kemudian tak kalah menariknya untuk dikunjungi adalah Taman Nasional Tanjung Puting, di Kalimantan Tengah. Di sana, lanjut Tachrir, wisatawan bisa mencoba wisata menyusuri sungai sambil melihat orangutan. Menurutnya, atraksi-atraksi wisata tersebut belum banyak diketahui oleh wisatawan Indonesia.

"Orang asing itu yang ke sana, tapi banyak orang-orang kita yang belum (banyak) yang tahu Taman Nasional Tanjung Puting," jelasnya.

Taman nasional selanjutnya yang bisa dicoba adalah Taman Nasional Gunung Leuser. Tachrir menyebut, daerah Ketambe sebagai salah satu yang bisa dikunjungi.

Ketambe merupakan nama Kecamatan di Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh. Wilayahnya berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL),

"Leuser itu juga banyak orangutan. Itu menjadi tempat penelitian orangutan yang terkenal di dunia namanya Ketambe. Semua ahli orangutan di dunia tahu. Itu tempat yang unik dan bisa diandalkan," ujar Tachrir.

DOK KOMPAS TV Taman Nasional Alas Puwo.
Berlanjut ke Pulau Jawa, ada taman nasional yang bisa dikunjungi seperti Alas Purwo dan Baluran di Jawa Timur. Tachrir menyebut, wisatawan bisa melihat satwa dengan mudah di padang savana seperti di Afrika yang ada di Alas Purwo dan Baluran.

"Alas purwo itu selain mudah melihat satwanya juga bisa surfing terbaik di dunia yakni di G-Land. (Semua taman nasional yang disebutkan) Itu yang potensial yang bisa dikembangkan pariwisata dan dikunjungi," tutup Tachrir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com