Kapankah Waktu Terbaik Mendaki Gunung Merapi?

Kompas.com - 14/06/2016, 22:37 WIB
Area bekas terdampak erupsi Gunung Merapi, Yogyakarta sangat cocok untuk wisata petualangan. KOMPAS.COM/RONNY ADOLOF BUOLArea bekas terdampak erupsi Gunung Merapi, Yogyakarta sangat cocok untuk wisata petualangan.
|
EditorI Made Asdhiana

BOYOLALI, KOMPAS.com - Gunung Merapi di Jawa Tengah bisa jadi opsi wisata pendakian gunung. Dari Gunung Merapi, pendaki juga bisa melanjutkan pendakian ke Gunung Merbabu melewati Kecamatan Selo, Boyolali.

Saat mendaki Gunung Merapi, pendaki bisa melihat leher dan puncak Gunung Merapi dari Pos Pasar Bubrah. Jika cuaca cerah, gradasi warna batuan dan tanah hitam serta abu-abu bisa terlihat.

Nah, kapankah waktu terbaik untuk mendaki Gunung Merapi? Anggota Merapi Merbabu Guide Club, Suroto (43) mengatakan, bulan terbaik untuk mendaki Gunung Merapi adalah Juli hingga September.

"Bulan itu cuacanya sudah bagus dan cerah. Bisa juga melihat matahari terbit dan terbenam dengan bersih. Kalau malam bisa lihat gugusan bintang," kata Suroto kepada KompasTravel di kaki Gunung Merapi beberapa waktu lalu.

Suroto menjelaskan, cuaca setelah bulan September cenderung turun hujan tapi tergolong jarang. Selama bulan Juli hingga September, lanjut Suroto, hujan hampir tak turun.

"Kalau musim gak turun hujan, paling jalur pendakiannya kering dan berdebu," ungkapnya.

Gunung Merapi dengan ketinggian termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Gunung Merapi. Dikutip dari website Taman Nasional Gunung Merapi, secara klimatologis keberadaan Gunung Merapi masuk wilayah iklim muson tropis, yang dicirikan hujan dengan intensitas yang tinggi pada musim hujan (November-April) yang kemudian berganti dengan bulan-bulan kering (April-Oktober).

Gunung Merapi memiliki ketinggian sekitar 2.930 meter di atas permukaan laut (mdpl). Jika ingin mendaki Gunung Merapi, pendaki bisa melewati jalur pendakian New Selo di Boyolali, Jawa Tengah.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X