Kompas.com - 15/06/2016, 07:13 WIB
Gunung Merapi KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKOGunung Merapi
|
EditorI Made Asdhiana

BOYOLALI, KOMPAS.com - Gunung Merapi yang berada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah adalah salah satu gunung yang bisa menjadi tujuan wisata petualangan. Jalur dengan tanah bertipe regosol dan berwarna hitam dan abu-abu akan menemani pendakian Anda.

Jalur pendakian yang bisa ditempuh untuk mendaki Gunung Merapi adalah melalui Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Jalur itu juga berada di dekat kaki Gunung Merbabu yang juga masih di Kecamatan Selo.

Jika berencana mendaki Gunung Merapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mulai dari batasan pendakian hingga tips mendaki. Anggota Merapi Merbabu Guide Club, Suroto (43) kepada KompasTravel memberikan beberapa tips pendakian Gunung Merapi.

1. Perlengkapan pendakian

Jika ingin mendaki Gunung Merapi, pastikan perlengkapan pendakian telah lengkap. Suroto mengatakan, perlengkapan pendakian yang wajib dibawa seperti sepatu, balakclava, senter, tenda, dan kantung tidur.

Hal lain yang jangan lupa untuk dibawa adalah makanan ringan dan minuman selama pendakian berlangsung. Untuk penggunaan sepatu diwajibkan karena medan pendakian yang berbatu dan juga kering.

2. Tiket masuk

Syarat jika ingin mendaki Gunung Merapi adalah membayar biaya administrasi tanda memasuki taman nasional. Biaya yang dibutuhkan untuk mendaki Gunung Merapi adalah Rp 15.000.

Biaya tersebut terdiri dari Rp 5.000 sebagai biaya karcis masuk pengunjung, Rp 5.000 sebagai biaya kegiatan penelusuran hutan (trekking) dan mendaki gunung, dan Rp 5.000 sebagai biaya karcis jasa jalur Gunung Merapi.

KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Atlet maraton gunung solo, Willem Sigar Tasiam (58) di Selo, Kabupaten Boyolali. Selo adalah base camp pendaki untuk naik Gunung Merapi dan Merbabu, Jawa Tengah.
3. Jalur pendakian

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X