Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merindukan Penerbangan Langsung ke Chiang Mai

Kompas.com - 16/06/2016, 06:08 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Wajah Mohd. Shukreen bin Jafar berbinar waktu bercerita tentang turis Indonesia yang bertandang ke Chiang Mai, Thailand. Siang itu, Jumat (10/6/2016), di dekat Masjid Hidayatul Islam,  Lorong Banhaw, Chiang Mai, Shukree berkata, "Makin hari makin banyak orang Indonesia ke sini."

Shukree tidak memungkiri bahwa program wisata halal yang didengungkan pemerintah Thailand sejak setahu silam mendapat respons positif. Khususnya, dari negara-negara yang memunyai penduduk  beragama Islam di kawasan Asia Tenggara.

"Sampai kini, turis asal Malaysia paling banyak," tutur bapak tiga anak perempuan ini.

Boleh jadi, dari segi transportasi, turis Malaysia relatif mendapat kemudahan. Pasalnya, ada jalan darat yang menghubungkan Malaysia dan Thailand.

(BACA: Pelesir ke Chiang Mai saat Ramadhan, Mengapa Tidak?)

Namun begitu, yang paling menentukan adalah adanya transportasi udara langsung menuju Chiang Mai. Ketimbang Indonesia, Malaysia sudah melakukan upaya itu.

"Coba ada penerbangan langsung  dari Indonesia ke Chiang Mai. Pasti lebih banyak turis Indonesia yang ke sini," kata Shukree, pria kelahiran Provinsi Pattani, di Thailand selatan ini.

Sebagai perbandingan, setiap hari ada tiga penerbangan dari Malaysia, khususnya dari Kuala Lumpur langsung ke Bandara Internasional Chiang Mai.

Pesawat pengangkut penumpang itu adalah berjenis badan lebar seperti Boeing dan Airbus. "Kalau setiap kali angkut ada seratus penumpang, berapa turis Malaysia yang datang ke sini," tuturnya.

KOMPAS.COM/JOSEPHUS PRIMUS Pasar Malam Chiang Mai di Thailand, Selasa (7/6/2016).
Catatan pemerintah Thailand melalui Kementerian Pariwisata menunjukkan kedatangan turis asal Asia Tenggara sepanjang satu tahun silam menyentuh angka 496.226 orang. Angka ini sejatinya turun 5,7 persen ketimbang pencapaian pada 2014 lalu sebesar 497.592 orang.

Lalu, pencapaian pada 2014 itu pun menunjukkan penurunan 16,27 persen. Soalnya, pada 2013, jumlah turis Asia Tenggara yang melancong ke Thailand mencapai 594.251 orang.

(BACA: Berolahraga Sembari Pelesiran, Thailand Tempatnya)

Lantaran penurunan itulah, pemerintah Thailand tidak tinggal diam. Pada 2015 lalu, pemerintah Thailand menggelar Thailand Travel Mart (TTM) 2015 dengan tema wisata halal. Lalu, pada 2016, TTM+ 2016 mengusung tema pariwisata olahraga. Acara itu dilaksanakan di Chiang Mai pada 8 sampai dengan 10 Juni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com