Kompas.com - 18/06/2016, 11:15 WIB
Suasana kemeriahan permainan meriam karbit di tepi Sungai Kapuas saat malam takbiran. KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWANSuasana kemeriahan permainan meriam karbit di tepi Sungai Kapuas saat malam takbiran.
|
EditorI Made Asdhiana

PONTIANAK, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pontianak, Kalimantan Barat, bekerja sama dengan Forum Meriam Karbit Pontianak mulai membuka pendaftaran peserta lomba Festival Meriam Karbit.

Kepala Disbudpar Kota Pontianak, Hilfira Hamid mengungkapkan, tahun ini Kecamatan Pontianak Timur terpilih sebagai tuan rumah pelaksanaan Festival Meriam Karbit yang akan memeriahkan malam takbiran.

Penentuan tersebut setelah melalui pencabutan undian yang dilakukan oleh panitia. Sedangkan untuk persyaratannya, peserta yang mengikuti festival ini mesti memiliki minimal lima buah meriam dari kayu, karena di situlah letak nilai budaya yang ingin ditonjolkan.

“Syaratnya minimal satu kelompok peserta memiliki lima buah meriam karbit yang terbuat dari kayu atau balok,” jelas Hilfira, Jumat (17/6/2016).

Sekretaris Forum Meriam Karbit, Bari Silmon, menyatakan kesiapan pihaknya dengan mendirikan posko utama yang berlokasi di Gang Muhajirin Kecamatan Pontianak Timur. Persiapan tersebut mulai dari akses masuk, pengamanan dan lainnya.

Di posko tersebut, panitia juga akan menyiapkan enam buah meriam. “Untuk jalur lalu lintas kita terapkan sistem buka tutup di Gang Muhajirin dan hanya satu arah. Warga setempat akan turut berpartisipasi,” ungkap Bari.

Khusus untuk kelompok yang ingin mengikuti penjurian, pendaftaran peserta sudah dimulai dan berakhir pada 25 Juni 2016. Tiap-tiap peserta yang mengikuti festival ini minimal mengikutsertakan lima buah balok meriam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.