Kompas.com - 20/06/2016, 09:30 WIB
Divers saat melakukan Scuba Diving Dokumentasi Global Dive CenterDivers saat melakukan Scuba Diving
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KOMPAS.com - Ada kalanya siklus menstruasi mempengaruhi aktivitas seorang perempuan. Terutama bagi perempuan yang aktif melakukan kegiatan olahraga.

Sebagian besar perempuan menghindari olahraga saat menstruasi, khususnya olahraga air. Namun apa benar saat menstruasi tak dapat melakukan diving atau olahraga selam?

"Belum ada peraturan. Ada yang menyebutkan boleh karena tekanan di dalam air membuat darah tidak keluar, juga ada penggunaan tampon dan lain-lain untuk pencegahan," ujar Edy Prasetyo, penyelam khusus dokumentasi bawah laut yang diwawancara oleh KompasTravel pada Ekspedisi Saireri, bersama WWF Indonesia di Biak, Jumat (17/6/2016).

"Namun begitu lebih baik disarankan tidak, karena saat datang bulan kondisi tubuh pasti lebih mudah lelah, dan berpengaruh pada suasana hati juga," tambahnya.

Edy yang pernah diving dengan beberapa rekan perempuan yang sedang mengalami menstruasi, mengatakan ada beberapa rekannya yang memang terpengaruh dengan siklus bulanan tersebut.

"Ada yang lebih mudah marah, ada yang mudah panik, tapi ada juga yang biasa. Kembali ke masing-masing, jika kondisi fisik dan psikis stabil, bisa saja," ungkap Edy.

Senada dengan Edy, Evi Nurul Ihsan, Monitoring and Surveilance Officer Sumber Daya Laut dari WWF Indonesia juga mengatakan, "Sejauh ini belum ada peraturan baku. Semua tergantung penyelam mau mengambil resiko atau tidak," ungkap Evi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X