Kompas.com - 20/06/2016, 10:27 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F

SLEMAN, KOMPAS.com - Candi Ijo, adalah candi yang berada di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Candi ini adalah salah satu candi bercorak Hindu yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Terletak di ketinggian 375 meter di atas permukaan laut (Mdpl), Candi Ijo merupakan candi paling tinggi di Yogyakarta. Lokasinya yang di ketinggian itu membuat Candi Ijo menawarkan pemandangan yang indah.

Candi ini berada di perbukitan dan memiliki komplek percandian yang berteras-teras yang semakin meninggi ke belakang ke sisi timur dengan bagian belakang sebagai pusat percandian.

Berada di komplek Candi Ijo dari segala penjuru mata angin, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam Yogyakarta yang hijau. Jika pada sore hari, pengunjung bisa menyaksikan indahnya matahari tenggelam di ufuk barat langi Yogyakarta.

Tribun Jogja/ Hamim Thohari Candi Ijo di Sleman, Yogyakarta
Maka tak heran pada bulan Ramadan, Candi Ijo menjadi tempat favorit bagi masyarakat untuk ngabuburit.

"Menyenangkan menunggu magrib di sini. Pemandanganya bagus dan suasananya enak. Selain itu tempatnya juga bagus untuk foto-foto," ujar Zahra, mahasiswi yang datang bersama bersama temannya.

Untuk masuk ke komplek candi Ijo, pengunjung tidak dikenakan biaya hanya perlu mengisi buku tamu. Sedangkan di dalam candi-candi perwara, pengunjung dapat melihat arca nandi yang merupakan simbol kendaraan Dewa Siwa dan meja batu atau disebut padmasana.

Ragam bentuk seni rupa juga dapat dijumpai di kompleks Candi Ijo. Salah satunya ukiran kala makara dengan motif kepala ganda dan beberapa atributnya. (Tribun Jogja/Hamim Thohari)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.