Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ngabuburit" di Candi Ijo, Menikmati Pemandangan di Candi Tertinggi Jogja

Kompas.com - 20/06/2016, 10:27 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Editor

SLEMAN, KOMPAS.com - Candi Ijo, adalah candi yang berada di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Candi ini adalah salah satu candi bercorak Hindu yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Terletak di ketinggian 375 meter di atas permukaan laut (Mdpl), Candi Ijo merupakan candi paling tinggi di Yogyakarta. Lokasinya yang di ketinggian itu membuat Candi Ijo menawarkan pemandangan yang indah.

Candi ini berada di perbukitan dan memiliki komplek percandian yang berteras-teras yang semakin meninggi ke belakang ke sisi timur dengan bagian belakang sebagai pusat percandian.

Berada di komplek Candi Ijo dari segala penjuru mata angin, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam Yogyakarta yang hijau. Jika pada sore hari, pengunjung bisa menyaksikan indahnya matahari tenggelam di ufuk barat langi Yogyakarta.

Maka tak heran pada bulan Ramadan, Candi Ijo menjadi tempat favorit bagi masyarakat untuk ngabuburit.

"Menyenangkan menunggu magrib di sini. Pemandanganya bagus dan suasananya enak. Selain itu tempatnya juga bagus untuk foto-foto," ujar Zahra, mahasiswi yang datang bersama bersama temannya.

Untuk masuk ke komplek candi Ijo, pengunjung tidak dikenakan biaya hanya perlu mengisi buku tamu. Sedangkan di dalam candi-candi perwara, pengunjung dapat melihat arca nandi yang merupakan simbol kendaraan Dewa Siwa dan meja batu atau disebut padmasana.

Ragam bentuk seni rupa juga dapat dijumpai di kompleks Candi Ijo. Salah satunya ukiran kala makara dengan motif kepala ganda dan beberapa atributnya. (Tribun Jogja/Hamim Thohari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com