Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/06/2016, 06:49 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

SEMARANG, KOMPAS.com - Jika Solo memiliki Pasar Triwindu untuk berburu barang-barang antik, Semarang ternyata juga memiliki pasar tempat berkumpulnya barang-barang antik. Puluhan stan memamerkan koleksi barang antiknya, mulai pajangan, patung, hingga kendaraan.

Pasar Klitikan Antik, berada di sekitar awasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah. Dahulu pasar tersebut hanyalah beberapa stan saja di pinggiran Taman Srigunting. Karena pedagang yang semakin banyak, dan wisatawan yang semakin ramai, akhirnya mayoritas stan direlokasi tak jauh dari sana.

Mobil-mobil tua seperti Holden, Volkswagen menyambut wisatawan yang datang. Anda pun dapat bebas berfoto di depan mobil-mobil antik tersebut.

Jika Anda merupakan kolektor barang antik, cobalah berkunjung ke pasar tersebut. Terdapat puluhan stan yang menjajakan aneka barang kuno dengan harga bervariasi. Berbgai stan tersebut memiliki koleksi uniknya masing-masing yang menjadi unggulan.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Salah satu stan barang antik di Pasar Klitikan Kota Lama, Semarang.
Seperti salah satu stan yang dikunjungi KompasTravel, yang menjual motor Honda C70 tahun 1970-an, dengan kondisi mulus lengkap dengan surat-surat dan mesin yang masih gress. Tegar, selaku penjual membanderolnya seharga Rp 7 juta.

“Buka harga tujuh juta, udah ada yang nawar sampai enam setengah juta, belum dikasih,” ujar Tegar pada KompasTravel saat dikunjungi stannya pada Selasa (21/6/2016).

Barang otomotif lainnya yang dijual di sini ialah motor Vespa, dan sepeda-sepeda tua. Tak hanya kendaraannya, di sini juga menjual berbagai perlengkapan dan onderdil bekas dari alat transportasi tersebut.

Selain itu berbagai stan pun menjual mesin tik kuno yang masih berfungsi, televisi, radio. Terdapat pula pajangan-pajangan dinding mulai ukiran dayak kuno hingga ukiran-ukiran piring kuningan penghias dinding. Untuk ukiran kayu sendiri dipatok dengan harga mulai Rp 100.000.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Salah satu stan barang antik di Pasar Klitikan Kota Lama, Semarang yang menjual kendaraan antik motor Honda C70.
Tegar salah satu penjual mengatakan barang barang tersebut ia peroleh dari kolektor atau pembongkaran bangunan tua, sekitar Semarang hingga Jawa Tengah.

“Barang-barang ini ada yang dibeli dari kolektor, sama bekas bongkaran bangunan rumah-rumah tua,” ujar Tegar.

Bagi kolektor tempat ini menawarkan banyak alternatif barang tua nan unik. Tak hanya dibeli, beberapa stan di sini pun menerima barter barang antar kolektor.

Selain berbelanja barang antik, penjual memperbolehkan pengunjung untuk berfoto di stan-stan mereka berlatarkan barang-barang antik yang disusun rapi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+