Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpar Buka BBTF 2016, Tana Toraja Jadi Tuan Rumah

Kompas.com - 23/06/2016, 17:35 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata Arief Yahya resmi membuka Bali & Beyond Travel Fair (BBTF) 2016 di Nusa Dua Bali. BBTF diselenggarakan setiap tahun di Bali.

Dalam BBTF kali ini, Tana Toraja, Sulawesi Selatan yang didapuk menjadi tuan rumah, walaupun diselenggarakan di Bali.

"Tourism di Indonesia itu adalah Bali. Saya undang para Kadis Pariwisata (seluruh Indonesia). Rugi kalau tidak ikut BBTF. Di sini (Bali) tempat berkumpulnya orang (wisatawan asing dan domestik)," kata Arief Yahya, di Nusa Dua, Badung, Bali, Kamis (23/6/2016).

"Kalau kadispar-kadispar tidak berpromosi di Bali, sangat rugi. Kalau promosi ke luar negeri sangat mahal," katanya.

KOMPAS.COM/SRI LESTARI Stan Tana Toraja di Bali and Beyond Travel Fair (BBTF) 2016, di Nusa Dua, Bali, Kamis (23/6/2016).
Menpar juga menjelaskan bahwa jika daerah lain promosi wisata di Bali maka jutaan wisatawan asing akan memperhatikan.

Sementara Ketua BBTF 2016, I Ketut Ardana menyampaikan bahwa pelaksanaan BBTF dilakukan secara profesional.

"Semua dilakukan secara profesional sejak dari kita mengundang buyers, dan sejak memperkenalkan BBTF ini kepada sellers. Indonesia harus mampu menyelenggarakan event yang besar, seperti BBTF ini," kata Ketut Ardana.

Ardana yang kini menjabat sebagai Ketua Asita Bali juga menyampaikan bahwa pihaknya terus melakukan evaluasi hingga BBTF lebih maju dan semakin besar dan lebih banyak melibatkan peserta.

KOMPAS.COM/SRI LESTARI Stan Tana Toraja di Bali and Beyond Travel Fair (BBTF) 2016 di Nusa Dua, Bali, Kamis (23/6/2016).
Ardana memaparkan pihak penyelenggara tetap bekerja keras untuk meyakinkan pihak seller bahwa para buyer yang diundang adakah potensial.

"Dan ini menjadi bukti bahwa seller meyakini bahwa buyer yang didatangkan memang benar buyer-buyer yang potensial," katanya.

Untuk tahun ini, tambah Ardana, BBTF dihadiri 154 sellers dan 222 buyers dengan nilai transaksi diperkirakan Rp 6,88 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com