Kompas.com - 24/06/2016, 13:18 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran Toraja Fair 2016 resmi digelar di Jakarta. Acara Toraja Fair hadir pada tanggal 24-26 Juni 2016 di Gereja Tongkonan Toraja, Kelapa Gading, Jakarta. Acara Toraja Fair 2016 mengangkat tema "Discover Toraja Under One Roof".

Acara tersebut diselenggarakan oleh RajaMice dengan Perhimpunan Masyarakat Toraja 2016 Indonesia (PMTI) dan Ikatan Keluarga Toraja (IKAT).

"Dalam acara ini berkesempatan untuk mengenal budaya Toraja. Acara ini kami targetkan 5.000 orang untuk hadir hari ini," kata Ketua Penyelenggara Toraja Fair 2016, Panca R. Sarungu dalam Pembukaan Toraja Fair 2016 di Gereja Tongkonan Toraja, Jakarta, Jumat (24/6/2016).

Ia melanjutkan, pameran ini diharapkan dapat meningkatkan kembali kualitas pariwisata Toraja. Dalam pameran wisata ini, lanjut Panca akan dihadiri oleh pelaku-pelaku pariwisata seperti agen-agen perjalanan.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Obyek wisata Baby Grave Kambira di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Selasa (18/11/2014). Di sini jenazah bayi dimakamkan dalam pohon Taraa'. Bayi yang meninggal dan dimakamkan di pohon ini syaratnya berusia di bawah 6 bulan.
Ketua Umum Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia, Frederick Batong menambahkan, Toraja Fair adalah cara masyarakat Toraja bisa mengembalikan kejayaan pariwisata Toraja di era 1970-an hingga 1990.

Salah satu kegiatan yang dilakukan di sini adalah table top antara buyer dan seller.

Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Tazbir menyebutkan era pariwisata saat ini berbicara tentang persaingan.

Ia berharap melalui pameran wisata ini tiga daerah yakni Toraja Utara, Mamasa, dan Tana Toraja bisa berkoordinasi agar menjadi satu destinasi wisata yang terpadu.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Kompleks Megalit Kalimbuang Bori, di Kecamatan Sesean, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Senin (17/11/2014).
Dalam pameran Toraja Fair ini, pengunjung bisa menemukan stan-stan wisata Toraja, pameran foto, bazaar Usaha Kecil Menengah (UKM), kuliner & kopi Toraja, dan pertunjukan seni budaya Toraja dan Mamasa.

Selain itu, juga pagelaran busana dan pemilihan putra putri Toraja. Pengunjung yang datang tak dikenakan biaya masuk. Acara Toraja Fair dibuka mulai pagi sekitar pukul 08.00 hingga pukul 19.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.