Kompas.com - 26/06/2016, 17:12 WIB
Patung Sigale-gale di Desa Wisata Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. SONORA/S JUMAR SUDIYANAPatung Sigale-gale di Desa Wisata Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.
EditorI Made Asdhiana

SAMOSIR, KOMPAS.com - Sigale-gale, satu dari sejumlah legenda di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, disiapkan menjadi andalan untuk menarik wisatawan di daerah berjuluk "Negeri Indah, Kepingan Surga" itu.

Menurut Bupati Samosir, Rapidin Simbolon di Samosir, Minggu (26/6/2016), upaya itu dilakukan untuk menjadikan Kabupaten Samosir sebagai destinasi utama wisatawan di Sumatera Utara.

"Kita akan bangun patung Sigale-gale setinggi 100 meter lebih beserta cable car (kereta gantung)," ucap Bupati Rapidin.

(BACA: Ini Ciri Khas Rasa Pizza Andaliman Asal Toba Samosir)

Bupati Samosir optimistis keberadaan ikon pariwisata itu akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan secara signifikan, sehingga perpengaruh positif pada pendapatan daerah.

Rapidin menilai, anggaran yang bertumpu pada proyek-proyek kecil atau penunjukan langsung di desa-desa tidak berdampak besar terhadap perekonomian masyarakat.

"Kami akan lebih fokus melakukan pembangunan skala prioritas dan memiliki dampak terhadap daerah ini," kata Rapidin.

KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Karnaval Sigale-gale sebagai salah satu ikon dalam perayaan Festival Danau Toba di Sumatera Utara, Senin (9/9/2013). Festival diselenggarakan pada 8-14 September 2013.
Untuk itu diharapkan kepada elemen masyarakat memberikan dukungan dan kerja sama dalam menciptakan iklim daerah yang kondusif.

Rapidin juga berpesan kepada pelaku wisata di daerah itu untuk meningkatkan pelayanan kepada pengunjung, perbaikan fasilitas dan SDM serta penguatan kelembagaan pariwisata.

"Pemerintah Kabupaten akan memperbaiki infrastruktur jalan yang rusak sebagai bentuk komitmen menjadikan Samosir sebagai daerah tujuan wisata," kata Rapidin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ANTARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.