Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sigale-gale Disiapkan Jadi Andalan Samosir Tarik Wisatawan

Kompas.com - 26/06/2016, 17:12 WIB

SAMOSIR, KOMPAS.com - Sigale-gale, satu dari sejumlah legenda di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, disiapkan menjadi andalan untuk menarik wisatawan di daerah berjuluk "Negeri Indah, Kepingan Surga" itu.

Menurut Bupati Samosir, Rapidin Simbolon di Samosir, Minggu (26/6/2016), upaya itu dilakukan untuk menjadikan Kabupaten Samosir sebagai destinasi utama wisatawan di Sumatera Utara.

"Kita akan bangun patung Sigale-gale setinggi 100 meter lebih beserta cable car (kereta gantung)," ucap Bupati Rapidin.

(BACA: Ini Ciri Khas Rasa Pizza Andaliman Asal Toba Samosir)

Bupati Samosir optimistis keberadaan ikon pariwisata itu akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan secara signifikan, sehingga perpengaruh positif pada pendapatan daerah.

Rapidin menilai, anggaran yang bertumpu pada proyek-proyek kecil atau penunjukan langsung di desa-desa tidak berdampak besar terhadap perekonomian masyarakat.

"Kami akan lebih fokus melakukan pembangunan skala prioritas dan memiliki dampak terhadap daerah ini," kata Rapidin.

KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Karnaval Sigale-gale sebagai salah satu ikon dalam perayaan Festival Danau Toba di Sumatera Utara, Senin (9/9/2013). Festival diselenggarakan pada 8-14 September 2013.
Untuk itu diharapkan kepada elemen masyarakat memberikan dukungan dan kerja sama dalam menciptakan iklim daerah yang kondusif.

Rapidin juga berpesan kepada pelaku wisata di daerah itu untuk meningkatkan pelayanan kepada pengunjung, perbaikan fasilitas dan SDM serta penguatan kelembagaan pariwisata.

"Pemerintah Kabupaten akan memperbaiki infrastruktur jalan yang rusak sebagai bentuk komitmen menjadikan Samosir sebagai daerah tujuan wisata," kata Rapidin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com