Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Kuliner hingga Situs Bersejarah di Mojokerto, Ini Tempatnya!

Kompas.com - 26/06/2016, 22:07 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Satu tradisi masyarakat ibu kota menjelang lebaran yang biasa dilakukan adalah mudik ke kampung halaman. Ada yang pulang ke luar Pulau Jawa ataupun masih di dalam Pulau Jawa.

Nah, jika berencana mudik ke arah Surabaya atau ke Mojokerto, Jawa Timur, singgahlah untuk sekadar menikmati kuliner setempat atau pergi ke obyek-obyek wisata yang ada di Mojokerto.

KompasTravel menghimpun obyek-obyek wisata kuliner hingga wisata sejarah yang bisa Anda kunjungi selama tiga hari. Berikut adalah obyek-obyek wisata yang bisa Anda jadikan rekomendasi.

HARI PERTAMA

1. Air Terjun Dlundung

Begitu tiba di Mojokerto, Anda bisa langsung arahkan kendaraan menuju obyek wisata Air Terjun Dlundung. Di sana, bersama keluarga tercinta, Anda bisa bermain di air terjun yang berada kira-kira 40 kilometer arah selatan Mojokerto tepatnya di Dusun Ketapan Rame, Desa Kemloko, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Di tengah-tengah area hutan lindung yang berluas sekitar 1.600 hektar ini, Anda bisa merasakan kesejukan dari pepohonan yang tumbuh. Gemericik air terjun siap melepaskan lelah setelah berkendara dari ibukota hingga Mojokerto.

2. Patung Sleeping Buddha di Mahavihara Majapahit Mojokerto

Patung Buddha tidur atau dikenal dengan Sleeping Buddha ada di Mojokerto. Patung-patung Sleeping Buddha juga tersebar di beberapa titik di negara-negara Asia Tenggara seperti di Bangkok.

Nah, jadi tak perlu pergi ke luar negeri untuk dapat melihat patung Sleeping Buddha. Sempatkan untuk mengunjungi Mahavihara Majapahit yang terletak di Desa Bejijong, kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Patung ini dibuat di tahun 1993, menggunakan bahan beton yang dipahat perajin patung asal Trowulan.

3. Kuliner Sate Bangil Bang Soleh

Setiap daerah tentu punya ciri khas penyajian sate. Sebut saja Sate Maranggi di Purwakarta, Sate Blengong di Brebes, hingga Sate Lilit di Bali. Di Mojokerto juga punya Sate Bangil yang bisa dicicipi saat berkunjung ke Mojokerto.

Salah satu penjual sate yang dikenal masyarakat Mojokerto yakni Sate Bangil Bang Soleh yang beralamat di jalan Majapahit No. 428, Mojokerto. Di Kedai milik Bang Soleh Hasyim, pembeli dibebaskan untuk untuk memilih sendiri isian sate sesuai selera.

Pilihan isi sate bisa terdiri dari lemak dengan daging, tanpa lemak, ataupun jeroan bisa dipilih. Untuk setiap tusuknya berisi tiga sampai empat potong daging kambing. Dalam seporsi sate berisi 10 tusuk sate yang disajikan dalam piring dengan bumbu kacang, irisan bawang merah dan sedikit sambal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com