Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buton Selatan, "Negeri 1001 Pesona Misteri"

Kompas.com - 27/06/2016, 14:29 WIB
Defriatno Neke

Penulis

BUTON SELATAN, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Buton Selatan terus berupaya menjadi daerah destinasi pariwisata. Seperti menjadikan Buton Selatan menjadi "Negeri 1001 Pesona Misteri".

"Kami bekerja sama dengan Universitas Hasanuddin Makassar untuk membuat film dokumenter tentang pariwisata Buton Selatan, Negeri 1001 Pesona Misteri," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton Selatan, La Ode Muhamad Muslim, Senin (27/6/2016).

Ia menambahkan, beberapa destinasi wisata yang ada di Buton Selatan masih menyimpan misteri dan belum terpecahkan hingga saat ini. Seperti makam Maha Patih Gajah Mada yang ada di Kelurahan Majapahit, Kecamatan Batauga.

"Ini makam masih misteri. Kemudian ada jangkar besar di dalam laut Busel ini belum bisa diangkat. Jangkar ini lebih besar dari jangkar di Keraton Buton," ujarnya.

Menurut Muslim, destinasi pariwisata yang menyimpan misteri ini nantinya bisa banyak menarik para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

KOMPAS.COM/DEFRIATNO NEKE Permandian Kaburaburana mempunyai aliran sungai yang berbentuk seperti anak tangga secara alami. Terlihat beberapa warga sedang berekreasi di Kaburaburana,Desa Lawela Selatan, Kecamatan Batauga, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra).
"Misteri-misteri ini nantinya akan digali jauh lebih dalam. Kami juga berencana akan membuat buku perjalanan Gajah Mada hingga sampai ke Buton Selatan. Di Buton Selatan banyak destinasi wisata yang belum terpecahkan," ucap Muslim.

Selain makam Gajah ada, di Buton Selatan juga terdapat masjid paling tertua di Pulau Buton. Kemudian juga terdapat goa yang di dalamnya mempunyai luas seperti lapangan sepak bola dan belum pernah di datangi manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com